Sulbar Cetak 100 Hektare Sawah Baru

MAMUJU–MICOM: Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mencetak sawah baru seluas 100 hektare dengan anggaran APBN 2010. Kepala Bidang Tanaman Pangan Distanak Sulbar, Ir Supriyatno di Mamuju, Senin (7/11) mengatakan Distanak Sulbar telah mencetak sawah baru sekitar 100 hektare di Kecamatan Tommo.

Ia mengatakan, program pembukaan sawah baru tersebut berdekatan dengan bendungan Tommo yang sementara dibangun di Kecamatan Tommo sekitar 50 kilometer di Kota Mamuju. “Areal sawah baru yang dicetak pemerintah tersebut, dibangun di kecamatan Tommo supaya bisa lansung difungsikan setelah bendungan rampung,” katanya.

Menurut dia, petani di kecamatan Tommo yang akan mengelola areal percetakan sawah baru seluas 100 hektare tersebut akan dapat menikmati produksi padi yang diperkirakan cukup tinggi karena akan memiliki sarana irigasi teknis.

“Ketika bendungan Tommo rampung, maka petani di disekitar bendungan itu akan menikmati irigasi tersebut yang dibangun dengan dana APBN Rp47 miliar serta melibatkan sekitar 17.000 hektare sawah.

Areal persawahan bendungan Tommpo mengairisawag  di empat kecamatan Mamuju, yakni Kecamatan Tommo, Pangale, Sampaga, dan Kecamatan Papalang. “Produksi padi Mamuju diperkirakan akan mencapai delapan ton perhektare dari areal luasnya 23 ribu hektare juga akan meningkat hingga 150 ribu ton atau separuh dari produksi padi di Sulbar,” katanya. (Ant/OL-04)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s