Ribuan Besi Pagar Monas Dicuri, Penjagaan Akan Diperketat

TEMPO InteraktifJakarta -Penjagaan kawasan Monumen Nasional (Monas) akan diperketat karena banyaknya pagar besi monas bagian tombak yang dirusak. Terdapat 3.600 tombak besi pagar Monas yang raib dicuri.

“Saat meninjau kawasan Monas banyak ditemui pagar Monas yang rusak bagian tombak akibat tangan usil manusia yang tidak bertanggung jawab. Diperkirakan pagar yang rusak sepanjang 150 meter, 600 tombak yang berukuran besar dan 3.000 yang kecil,” kata Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah, hari ini.

Terkait kerusakan tersebut, Saefullah meminta Suku Dinas Pertamanan Jakarta Pusat agar segera memperbaiki pagar Monas yang rusak bagian ujungnya tersebut. “Bagian berbentuk tombak tersebut agar diperbaiki biar Monas kelihatan lebih gagah lagi,” ujarnya.

Selain itu, Saefullah mengatakan pengawasan kawasan Monas, baik di bagian dalam maupun luar, akan lebih diperketat. “Frekuensi patroli di kawasan Monas juga akan ditingkatkan, baik siang maupun malam hari,” katanya.

Kedepannya, kata Saefullah, jumlah personil Satpol PP yang bertugas mengamankan kawasan Monas akan ditambah menjadi 100 personil, dimana sebelumnya hanya terdapat 40 personil. “Mereka akan bekerja dalam tiga shift setiap harinya,” katanya.

Lebih lanjut, Satpol PP juga diperintahkan agar melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak merusak pagar monas dan jika ingin ke Monas supaya masuk melalui pintu masuk bagian barat, timur, selatan, maupun utara. “Bila masih ditemukan perusak pagar maupun orang masuk Monas melalui pagar agar ditangkap dan diserahkan kepada pihak yang berwajib,” kata Saefullah.

Selasa (9/11) sore kemarin, Saefullah bersama sejumlah instansi terkait meninjau kawasan Monas untuk melihat langsung kondisi taman Monas. Saefullah pun mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama menjaga kawasan Monas karena Monas adalah milik bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s