Pemprov Jawa Barat akan Menata Permukiman di Jalur Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, kini sedang membuat Raperda penataan pemukiman di kawasan Selatan Jabar atau di sepanjang jalan tembus antara Pangadaran-Pelabuhan Ratu. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Kamis, di Bandung, menyatakan, alasan dibuatnya Raperda tersebut ialah agar rumah atau pemukiman di sepanjang jalan tembus antara Pangandaran-Pelabuhan Ratu tersebut menjadi lebih tertata dan efisiensi dalam pelayanan publik.

“Rumah di kawasan Selatan Jabar itu akan ditata, kawasan tersebut masih kosong dan sangat mungkin ditata dengan baik,” kata Gubernur usai menghadiri Seminar Nasional Infrastruktur dan Sinergi Pusat dan Daerah, di Hotel Grand Aquila Bandung.

Ia mengatakan, jika perumahan di sepanjang jalur Selatan Jabar itu dibiarkan tidak tertata maka bisa berdampak pada efisiensi pelayanan publik seperti akses pendidikan, kesehatan menjadi tidak efisien.
“Sekarang gini, kalau kita jalan-jalan ke luar negeri, ada ngak rumah-rumah di sepanjang atau pinggir jalan, kan tidak ada. Nah, kalau ini dibiarkan nanti tidak tertata dengan baik dan kumuh,” katanya.

Menurutnya, Raperda tersebut sudah masuk di dalam Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jawa Barat yang baru. Untuk pembangunan jalan sepanjang 423 kilometer dari kawasan Pangandaran yang tembus ke Pelabuhan Ratu Pemprov Jabar menganggaran Rp 600 miliar.

Rencananya jalan tersebut akan dibangun pada tahun 2011 mendatang.
“Untuk dananya itu ditanggung oleh pemerintah pusat Rp 500 miliar pinjaman dari luar negeri dan pembayarannya dibebankan ke APBN,” ujar Gubernur.

Menurut Heryawan, Pemprov Jabar hanya mengalokasikan Rp 100 miliar untuk membangun infrastruktur di sepanjang jalur Pangandaran- Pelabuhan Ratu agar jalan hidup dan dimininati investor. Infrastruktur sarana dasar yang akan dibangun di kawasan tersebut di antaranya pasar, puskesmas, sekolah, masjid, ruang terbuka hijau dan gedung pertemuan dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s