Minggu Ini, 321 Formasi CPNS akan Dibuka

TRIBUNNEWSBATAM, BATAM– Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Batam, Firmansyah mengatakan bahwa formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun anggaran 2010 ini akan resmi diumumkan melalui media cetak pada tanggal 12 November mendatang. Sementara proses penerimaan berkas lamarannya yaitu tanggal 16-30 November.

“Tahun ini Pemko Batam membuka lowongan untuk 321 calon pegawai negeri sipil. Dengan rincian 112 tenaga pendidikan, 111 tenaga kesehatan, dan 98 tenaga teknis. Tapi untuk rincian formasinya nanti bisa dilihat di media cetak tanggal 12 November,” kata Firmansyah saat ditemui kemarin.

Angka ini bertambah dari yang sebelumnya disebutkan yaitu 252 formasi dengan rincian 112 tenaga pendidikan, 76 tenaga kesehatan, dan 64 tenaga teknis. Penambahan ini menurutnya berdasarkan hasil pertemuan dengan DPRD Kota Batam beberapa waktu lalu.

“Setelah hearing dengan Komisi I DPRD beberapa waktu lalu, dari SKPD-SKPD (satuan kerja perangkat daerah) menyatakan masih banyak kekurangan tenaga. Makanya kita usahakan meminta ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi agar bisa ditambahkan jumlah penerimaan CPNS tahun ini. Dan kita bersyukur permintaan ini dikabulkan Menpan,” terangnya.

Firmansyah mengatakan bahwa kualifikasi pendidikan yang dibuka untuk penerimaan CPNS tahun ini mulai dari Diploma-2, Diploma-3, Diploma-4, dan Sarjana (S1). Menurutnya, untuk kualifikasi D2 khusus untuk pengadaan guru Sekolah Dasar. Tapi untuk guru SD juga berlaku dari PGSD.

Sementara untuk persyaratan dari segi nilai atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) belum ditentukan. Karena menurutnya untuk IPK, Pemerintah Provinsi menyerahkan sepenuhnya pada pemerintah kabupaten/kota.

“Kalau untuk IPK saya belum bisa menyebutkan angka minimalnya. Karena saya juga baru akan membahasnya dengan Pak Wali nanti. Tapi mudah-mudahan ada peningkatan sedikit dari tahun-tahun sebelumnya. Karena kita juga berharap ada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia kita. Kalau tahun lalu IPK minimalnya yaitu 2,25 dan 2,00,” ungkap Firmansyah.

Batasan usia, menurutnya juga masih dalam tahap pembahasan. Jika tidak ada perubahan maka peraturannya masih sama seperti yang sebelum-sebelumnya yaitu antara 18-35 tahun.

Dan persyaratan administrasinya, kata Firmansyah, masih sama seperti yang lalu. Yaitu KTP, ijazah, transkrip, pas photo, dan surat lamaran.

“Untuk KTP, berdasarkan arahan dari Provinsi, kita tahun ini memberlakukan terbuka bagi KTP nasional, kecuali ada keputusan lebih lanjut. Menurut saya ini  bagus karena dalam penerimaan CPNS ini tidak ada istilah diutamakan ataupun diprioritaskan,” katanya.

Berkas lamarannya, kata Firmansyah, dikirimkan melalui pos dengan mengalamatkan pada Walikota Batam melalui Sekretaris Daerah Kota Batam Jl.Engku Putri No.1 Batam Centre. Di sebelah kiri atas amplop dituliskan jenis formasi yang akan diajukan.

Berkas lamaran dimasukan dalam amplop tertutup dan dalam satu amplop hanya terdapat satu berkas. Karena setiap Pelamar hanya diperkenankan mengirim satu kali berkas lamaran dan mendaftar hanya untuk satu formasi jabatan. Apabila melamar lebih dari satu formasi maka akan dibatalkan namanya.

Untuk menjaga transparansi, sebut Firmansyah, Pemerintah Provinsi bekerjasama dengan Universitas dalam pembuatan soal dan pemeriksaan lembar jawaban. Namun katanya hingga saat ini Pemprov Kepri belum menentukan universitas mana yang akan diajak bekerjasama.(tik)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s