Disbudpar Serahkan Kapal Katemaran Ke Desa Benan

LINGGA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lingga menyerahkan satu unit kapal yakni KM Katemaran ke Desa Benam. Bantuan ini dalam rangka menjadikan Desa Benam sebagai salah satu daerah tujuan wisata Bahari di Lingga. “Selain kita bantu kapal, kita juga serahkan alat keseniah ke Ketua Lembaga Pengelola Wisata Desa Benan, Endang. Untuk alat kesenian, kita serahkan langsung ke Ketua Kelompok Joget Dangkung, Pulau Bukit, Senayang,” katanya di ruang SMA Benam, Jum’at (5/11)

Dikatakan, bantuan ini diharapkan mampu mendorong kehadiran para wisatawan di daerah ini. Karena para wisatawan bisa menikmati keindahan laut Benam dan memancing di daerah ini, katanya.

Sementara bagi wisatawan yang mau berkunjung ke Desa Benan, berbagai paket wisata sudah ditawarkan oleh Disbudpar Lingga. Antara lain Diving, Snorkling, Fishing, kapal katemaran, wisata pantai dan kesenian tradisi joget Dengkung. Sebanyak 10 rumah penduduk Desa Benan juga sudah siap untuk menerima tamu, jika ada para wisatawan yang ingin bermalam di Desa Benan.

Selain itu, berbagai upaya dan cara dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lingga, untuk mempromosikan daerah ini ke dalam dan luar negeri. Ini bertujuan, tidak hanya untuk memperkenalkan negeri Bunda Tanah Melayu, tetapi juga bertujuan guna menarik kunjungan wisatawan dan investasi di bidang pariwisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lingga Muhammad Ishak mengatakan, selain menyelenggarakan iven tahunan di bidang pariwisata dan budaya seperti Lingga Fishing Festival (LFF) dan Rangkai Reni Budaya Melayu (RSBM) setiap tahun,  Lingga selalu mengikuti berbagai pameran di luar daerah baik tingkat nasional maupun internasional.

“Setiap kegiatan yang kita ikuti, kita infokan ke masyarakat lewat media,” kata Ishak, saat ditemui di ruang kernya, Kamis (04/11).

Ishak menambahkan, selain itu Disparbud  Lingga juga mendatangkan beberapa calon investor, pemasangan baleho di Bandara Hang Nadim, Batam Center, Kota Batam. Dalam waktu dekat kita juga akan melaksanakan FAM TRIP,” ujar sarjana perikanan Unri Pekanbaru itu.

“Kegiatan FAM TRIP (Familiarization Trip) menurut rencana akan dilaksanakan pada akhir November 2010 mendatang. Kegiatan Fam Trip bertujuan memperkenalkan objek wisata kepada para travel dan media, dengan cara membawa langsung mereka ke objek wisata yang ada di Lingga seperti Pulau Benan, Pena’ah, Pancur, Resun, Daik dan Singkep,” tambahnya.

Untuk persiapan Fam TRIP, Disparbud Lingga terus berkoordinasi dengan Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI)  Tanjung Pinang yang akan membantu untuk kelancaran FAM TRIP tersebut. ” Travel-travel yang akan kita bawa tentunya travel yang telah punya pengalaman dalam mengurus wisatawan masuk ke Kepri dan darinya juga akan kita minta masukkan kira-kira apa saja yang mesti segera dilakukan agar para wisatawan senang untuk berkunjung ke kabupaten Lingga,” ungkap Ishak. (hk/39)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s