Dewan Tolak Pemekaran Kota Jambi

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI – Anggaran senilai Rp 315 juta sudah habis. Tim pemekaran kecamatan pun telah menyelesaikan uji kelayakaan dan menyerahkan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pemekaran Kecamatan ke DPRD Kota Jambi.

Namun dewan menolak membahas draft yang diajukan eksekutif tersebut. Dewan hanya menyatakan, masalah pemekaran akan dibahas pada 2014. Tak pelak, sikap dewan ini membuat Pemkot Jambi kelabakan. Sebab jika harus menunggu empat tahun lagi, kondisi wilayah jelas jauh berbeda. Dan ini perlu kajian ulang yang tentu memerlukan dana lagi.

“Kalau dibahas pada 2014, itu perlu kajian ulang lagi, karena tentu saja akan berbeda keadaannya di antaranya keadaan penduduk dan infrastrukturnya. Dan tentu itu memerlukan dana lagi untuk mengkaji ulang,” kata Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Jambi, Nirwan dalam wawancara dengan Tribun, beberapa hari lalu.

Menurutnya, persiapan untuk pemekaran tersebut sudah dilakukan sejak 2009 lalu. Dana dengan total Rp 315 juta telah digunakan untuk melakukan studi kelayakan dan pemasangan patok batas kecamatan yang saat ini sudah terpasang di 40 titik di kecamatan yang rencananya akan dimekarkan.

Menurut Nirwan, anggaran sebesar Rp 315 juta tersebut dianggarkan oleh Pemkot Jambi dan disetujui oleh DPRD Kota Jambi pada 2009. Awalnya anggaran sebesar Rp 50 juta dicairkan untuk sosialisasi kepada masyarakat. Setelah itu anggaran sebesar Rp 265 juta dicairkan untuk melakukan pengujian kelayakan di antaranya syarat administratif, teknis, fisik kewilayahan
“Anggaran tersebut digunakan untuk melakukan uji kelayakan tersebut dan pemasangan patok, juga pembuatan peta,” ujar Nirwan seraya menambahkan, tim yang terlibat adalah gabungan beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan akademisi juga Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang telah mengukur wilayah yang akan dimekarkan.

Nirwan mengaku tidak tahu nasib dari rencana pemekaran tiga kecamatan di Kota Jambi itu di tangan dewan. “Semua syarat telah kita lengkapi, begitu juga dengan rancangan peraturan daerahnya sudah kita ajukan,” katanya.

Di dalam Rancangan Peraturan Daerah tentang Pemekaran Kecamatan itu, ada tiga kecamatan yang akan dimekarkan yakni Kecamatan Kotabaru yang dimekarkan menjadi Kecamatan Alam Barajo, Kecamatan Telanaipura dimekarkan menjadi Kecamatan Putri Ayu dan Kecamatan Jambi Timur dan Jambi Selatan dimekarkan menjadi Kecamatan Mekar Jaya.

Sebenarnya, lanjut Nirwan, jika dewan mengesahkan Perda Pemekaran Kecamatan, maka aturan itu akan dijadikan dasar untuk memekarkan sejumlah kelurahan di Kota Jambi. Dengan batalnya pemekaran kecamatan, mengakibatkan rencana pemekaran kelurahan tidak bisa dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s