285 Guru Terpencil Kab. Lingga Terima Tunjangan

Sebanyak 285 guru di Kabupaten Lingga menerima tunjangan yang mengabdi di daerah terpencil dari pusat tahun 2010. Setiap guru menerima Rp1,35 juta per bulan, dan dibayar delapan bulan. Artinya, tunjangan tersebut diterima dari bulan Januari sampai Agustus 2010. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Lingga Junaidi mengatakan, guru-guru yang dapat tunjangan tersebut mayoritas mengajar di Kecamatan Senayang, Singkep Barat, Lingga Utara, dan sebagian di Kecamatan Lingga. Termasuk Pekajang, dan Pulau Berhala (Singkep).


”Ini bantuan dari pemerintah pusat. Namanya tunjangan daerah terpencil. Tunjangan yang dibayarkan selama delapan bulan, terhitung dari bulan Januari sampai Agustus 2010. Sisanya menyusul,” kata Junaidi, Jumat (12/11) kemarin.

Guru yang menerima tunjangan tersebut, kata Junaidi, di samping memang sudah tertera dalam daftar gaji termasuk daerah terpencil, kategori terpencil indikatornya daerah yang sulit akses transportasi, tak ada penerangan dan persyaratan lainnya. Guru yang dapat tunjangan saat ini baru sebatas guru PNS sesuai kuota yang dimiliki Lingga.

”Sebenarnya, masih banyak guru-guru di daerah terpencil yang belum dapat tunjangan. Insya Allah ada penambahan kuota untuk Lingga. Ini terus kita perjuangkan,” ujarnya.

Ia berharap agar guru yang menerima tunjangan yang cukup besar per bulan itu semakin meningkatkan disiplin dan kinerjanya. Pihaknya akan memonitor guru yang lalai, apalagi meninggalkan tanggungjawab.

”Disdikpora Lingga tak segan-segan menghapus tunjangan tersebut, jika ditemukan guru yang bersangkutan melanggar disiplin. Contoh saja, ditempatkan di pulau terpencil, tapi jarang ke sana sehingga sering tak mengajar. Ini kita tindak, tunjangannya dicabut,” kata Junaidi. (dea)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s