DPRD Konsultasi dengan Menkeu

Lifting Naik, KUA PPAS Optimis Tercapai

BATAM CENTRE- Menteri Keuangan RI, melalui Dirjen Perimbangan Keuangan Pusat Daerah memberikan sinyal bahwa Kepri akan mendapatkan bagi hasil Migas . Lifting hasil migas dari Kepri mengalami kenaikan di kisaran 130 persen. Anggota Komisi II, DPRD Kepri, Ahars Sulaiman mengatakan hal itu kepada Haluan Kepri, Minggu (7/11).

“Waktu bertemu dengan Dirjen Perimbangan, hasil Migas melampaui target. Jadi, kita tidak perlu khawatir. Walau sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) turun, tapi tidak menjadikan APBD turun,” bebernya.

Diakuinya, saat ini DPRD tinggal menunggu legalitas dari Menteri Keuangan setelah menyampaikan Kebijakan Umum Anggaran Plafon Perencanaan Anggaran Sementara (KUA PPAS) Kepri sebesar Rp1,850 triliun yang disepakati beberapa waktu lalu.

Menurut dia, untuk rencana realisasi besaran APBD Kepri itu ke depan, tidak perlu dikhawatirkan.

“Dirjen sudah menyampaikan, dalam lifting produksi gas dari Natuna mengalami kenaikan 130 persen atau melebihi target.  Jadi ada indikasi, penerimaan Kepri dari bagi hasil bergeser naik dan KUA PPAS Rp1,850 triliun akan tercapai,” ungkap Ahars.

Disebutkan, melalui konsultasi Komisi II dengan Dirjen Perimbangan Pusat Daerah Depkeu, mereka mendapatkan gambaran kalau bagi hasil untuk Kepri akan naik. Sementara untuk Dana Alokasi Umum (DAU dan Dana Alokasi Khusus (DAK) tetap seperti tahun sebelumnya.

“Bagi hasil yang bergeser dan akan ada peningkatan. Kita akan mencapai itu. Variabel lainnya, dengan ditingkatkan, volume dan kuantitas, maka target penerimaan pajak akan naik,” tukasnya.

Disisi lain dia menyebutkan, walau ada persoalan mobil bodong yang dapat mengurangi pemasukan untuk PAD Kepri, namun dia menilai tidak akan signifikan. Razia mobil bodong beberapa waktu lalu, dinilainya tidak akan banyak mengurangi pemasukan untuk Kepri.  (hk/nn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s