Denpasar Kota Terbersih, Cirebon dan Pekanbaru Terkorup

TEMPO InteraktifJakarta – Kota Denpasar, Bali, dinilai sebagai kota di Indonesia yang paling bersih dari kasus-kasus korupsi. Sebanyak 9.237 pelaku bisnis yang diwawancarai Transparency International Indonesia, berpendapat kasus-kasus  korupsi di Denpasar tergolong rendah.

“Korupsi menjadi hal yang kurang lazim terjadi dan usaha pemerintah di sana dalam  pemberantasan korupsi cukup baik,” kata Sekretaris Jenderal TII, Teten Masduki, dalam peluncuran indeks persepsi korupsi di Indonesia, di Jakarta, Selasa (9/11).

Denpasar meraih skor 6,71 dari rentang indeks antara 0 sampai dengan 10, di mana 0 dipersepsikan sangat korup dan 10 sangat bersih. Di bawah Denpasar, ada Tegal (6,26) dan Solo (6,00) di Jawa Tengah, Yogyakarta serta Manokwari (5,81).

Sedangkan kota yang paling dianggap korup adalah Cirebon dan Pekanbaru. Keduanya meraih skor terendah, 3,61. Surabaya dan Makassar juga termasuk yang mendapatkan skor rendah. Keduanya masing-masing mendapat nilai 3,94 dan 3,97.

Nah, bagaimana dengan Jakarta? Hasil survei lembaga pegiat tranparansi itu menyimpulkan ibukota berada di peringkat 38 dengan skor 4,43.

Survei untuk mengukur tingkat korupsi ini digelar pada 50 kota di 33 provinsi selama Mei hingga Oktober 2010. Berbeda dengan indeks persepsi korupsi negara-negara yang diluncurkan Transparency International, menurut Teten, survei TI Indonesia didasarkan metode yang dikembangkan sendiri., antara lain dengan wawancara tatap muka terhadap responden.

Adanya indeks persepsi korupsi yang secara umum nilainya masih rendah itu, kata Teten, menunjukkan bahwa korupsi masih jadi masalah utama dalam menjalankan usaha di Indonesia. Karena itu Pemerintah didesak mereformasi birokrasi dalam pelayanan publik.
ANTON SEPTIAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s