Wapres Minta Guru di Daerah Ceritakan Riwayat Tokoh kepada Siswa

Jakarta – Wakil Presiden Boediono meminta guru yang mengajar di daerah agar menceritakan kepada murid-muridnya tentang riwayat tokoh yang patut dijadikan tauladan. Cerita tentang ketokohan ini dinilai punya andil besar untuk membangun motivasi belajar dan cita-cita anak.

“Yang paling baik adalah menceritakan riwayat tokoh kepada anak-anak,” ujar Boediono kepada puluhan calon pengajar yang akan mengajar di sejumlah daerah di pelosok tanah air.

Mereka diterima Boediono di Gedung II Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (8/10/2010). Para calon pengajar ini didampingi oleh Rektor Universitas Paramadina, Anies Baswedan.

Boediono mengatakan, cerita tokoh akan lebih mudah menyentuh pikiran dan minat anak. Cerita ini akan menjadi motivasi untuk ditauladani oleh siswa.

“Keinginan untuk menjadi sesuatu itu akan tumbuh, jika mendengar riwayat tokoh,” kata pria asal Blitar, Jawa Timur ini.

Menurut Boediono, riwayat tokoh yang patut diceritakan adalah mulai tokoh nasional hingga tokoh dunia. Siswa akan mencontoh, dan berkeinginan untuk menjadi seperti sang tokoh.

Boediono lalu bercerita, pada masa kecil ia terinspirasi oleh tokoh-tokoh wayang karena diceritakan oleh gurunya. Karena itu, setiap kunjungan kerja ke daerah, Boediono selalu menyempatkan untuk berkunjung ke sekolah dan menemui siswa-siswa.

“Waktu saya kecil saya terinspirasi oleh cerita wayang. Tapi itu dulu. Sekarang sudah banyak tokoh yang bisa dijadikan tauladan,” terangnya.

Rencananya, para calon pengajar ini akan dikirim ke sejumlah daerah pada 10 November nanti. Mereka akan dikirim ke sejumlah daerah, antara lain, Bengkalis Provinsi Riau, Majene Provinsi Sulbar, Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara, Tulang Bawang Provinsi Lampung, dan Paser Provinsi Kalimantan Timur.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s