Pemerintah Diminta Segera Buat PP untuk UU Pelayanan Publik

TEMPO InteraktifJakarta – Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Andrinof Chaniago mengatakan, sudah saatnya pemerintah membuat peraturan pemerintah sebagai turunan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Sebab, sejauh ini undang-undang tersebut belum sampai 20 persen diimplementasikan dalam masyarakat.

“Saya melihat segala hal yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pelayanan publik tidak mengacu pada undang-undang ini. Nasib undang-undang ini merana betul, dibikinnya tiga tahun setelah jadi, malah dianggap tidak ada,” kata Andrinof dalam diskusi bertajuk Komintem Pemerintah untuk Mewujudkan Pelayanan Publik yang Adil dan Berkualitas di Restoran Bumbu Desa, Jakarta, Kamis (21/10).
Andrinof mengaku memang sejak awal sudah pesimis undang-undang tersebut akan diimplementasikan dengan baik. “Saya pesimis undang-undang itu akan menjadi instrumen untuk perbaiki kualitas pelayanan publik. Bukan karena aturannya kurang lengkap atau bermasalah. Tapi yang kita pesimis karena tidak ada penjiwaan terhadap reformasi birokrasi, keinginan perbaikan pelayanan publik,” ujarnya.
Padahal, dia menilai undang-undang tersebut merupakan salah satu instrumen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan pelayanan publik yang cepat dan murah, maka akan semakin mengefisienkan biaya dan waktu. Jika pelayanan publik sudah baik, itu akan berimplikasi pada perbaikan ekonomi masyarakat.
“Pengurusan izin usaha jadi mudah, iklim investasi meningkat perbaikan ekonomi terjadi maka akan muncul pemasukan untuk biayai pelayanan publik itu sendiri. Umumnya negara yang ekonominya terbelakang memang sulit buat pelayanan publik yang baik. Mulai dari pengadaan sistem, infrastruktur, sarana prasaranan,” ujarnya.
Dalam diskusi yang sama, Ketua Umum Serikat Rakyat Miskin, Marlo Sitompul mengatakan hal serupa. Menurut dia, Undang-Undang Pelayanan Publik ini seharusnya menjadi fokus dalam kaitan untuk melakukan reformasi birokrasi.
MUTIA RESTY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s