Pelayanan Tiga Instansi di Makassar Bersertifikat Internasional

TEMPO Interaktif, Makassar – Pelayanan tiga instansi di Kota Makassar mendapat predikat berstandar internasional Iso 9001:2008.  Yaitu Kantor Pelayanan Administrasi dan Perizinan, Puskesmas Kassi-Kassi, dan Puskesmas Sudiang Raya.

Walikota Makassar, Ilham Arif Sirajuddin menyerahkan sertifikat tersebut kepada pimpinan ketiga instansi di halaman kantor pelayanan administrasi dan perizinan, siang  ini. “Sertifikat ini sebagai tanda atas pencapaian kualitas pelayanan kepada masyarakat,” kata Ilham.

Sertifikat ISO 9001 merupakan sistem manajemen yang mengacu pada standar internasional. Sertifikat ini berlaku selama tiga tahun. “Setiap enam bulan secara berkala diadakan survey, mengecek kembali perkembangan manajemennya,” kata Nyoman Susila Lembaga, director managing PT SAI Global Indonesia.

PT SAI Global Indonesia adalah salah satu lembaga internasional yang ditunjuk pemerintah untuk mengaudit sistem manajemen pemerintah. “Untuk mencapai standar manajemen ini, diadakan pembinaan oleh konsultan, PT SAI Global tinggal mengaudit”, jelas Nyoman.

Indokator penilaian yang digunakan, kata dia, antara lain penerapan manajemen operasional, sumber daya manusia, infrastruktur, dan perbaikan pelayanan secara berkesinambungan.

Najmah Emma, kepala kantor pelayanan administrasi dan perizinan mengatakan pencapaian tersebut merupakan bentuk kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perizinan.

“Sampai Oktober ini, terdapat lebih dari 23.000 izin yang telah dikeluarkan oleh kantor perizinan,” ucap Najmah. Jumlah izin tersebut, lanjut dia, terdiri dari izin bangunan, tempat usaha, kepariwisataan, ketenagakerjaan, informasi dan komunikasi, tanda daftar industri, dan tanda daftar perusahaan.

“Perihal usaha yang tidak memiliki izin, sementara ini masih tahap pendataan. Program ini akan dilaksanakan sampai tahun depan. Ini masuk dalam agenda kerja pengawasan,” katanya. “Selama ini kami belum pernah melakukan tindakan penyegelan terhadap perusahaan, karena memang belum ada data mengenai usaha yang tidak berizin.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s