Pelayanan Public Private Partnership Segera Direalisasikan

TEMPO InteraktifJakarta — Pemerintah menyatakan akan secepatnya merealisasikan pelayanan satu pintu bagi program-program pembangunan infrastruktur berskema public private partnership.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa, mengungkapkan realisasi pelayanan satu pintu tersebut akan mempermudah investor asing dalam menanamkan uangnya di Indonesia. “Jadi tidak usah bertele-tele lagi, karena bagaimana pun juga public private partnership kan harus dipasarkan,” ujar Hatta saat ditemui dikantornya hari ini.

Hatta mendukung Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebagai palang pintu bagi public private partnership. Selanjutnya, kata Hatta, rencana ini segera direalisasikan begitu pembicaraan di tingkat kementrian rampung. “Nanti public privater partnership akan diolah di Bappenas, dibuatblue book-nya. Setelah itu akan dibahas di kementerian atau lembaga,” jelasnya.

Setelah hal itu selesai, kementerian atau lembaga terkait akan memberikan wewenangnya kepada BKPM. . Cara ini, menurut Hatta, merupakan cara paling cepat untuk memberikan layanan kemudahan perizinan bagi swasta yang berminat untuk mendanai berbagai proyek pembangunan yang direncanakan oleh pemerintah. “Jadi nanti investor itu tidak perlu lagi ke sana ke sini, mereka cukup datang ke BKPM, mereka tinggal tunjuk proyek mana, semua perizinan akan selesai,” ujarnya.

Sebelumnya, BKPM mengusulkan untuk membentuk layanan satu pintu yang menangani proyek infrastruktur dengan skema kerjasama pemerintah dengan swasta. Kepala BKPM, Gita Wirjawan, mengungkapkan permintaan ini datang lantaran sejumlah investor asing mengeluhkan pelayanan perizinan yang rumit dan lambat. Usulan BKPM ini pun mendapatkan restu dari Wakil Presiden Boediono saat rapat perkembangan ekonomi makro di Istana Wakil Presiden bulan lalu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s