Kinerja DPRD Meranti Disorot

SELATPANJANG-Kinerja anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, kian memprihatinkan. Banyak anggota DPRD Meranti yang selama dua bulan terakhir tidak ke kantor. Mereka terkesan lebih banyak berkunjung keluar daerah, terutama ke Jakarta. Sudah dua bulan terakhir kehadiran 25 anggota DPRD Kepulauan Meranti memprihatinkan. Padahal banyak agenda penting yang mestinya dituntaskan,” ujar Effendi Rustam, pemerhati masalah pemerintahan di Meranti, Jumat (5/11). Dikatakannya, sejak mereka dilantik hampir setahun lalu, banyak agenda DPRD yang terabaikan, seperti sejumlah ranperda yang diajukan oleh pihak pemerintah daerah. Menurutnya selama ini baru dua perda serta pengesahan APBD Perubahan yang dihasilkan, di mana kedua perda itu adalah Perda Lambang Daerah dan Perda Penyertaan Modal ke Bank Riaukepri.

Sementara puluhan ranperda lagi yang sudah diajukan, tapi sama sekali belum disentuh. Kalaupun ada hanya baru sebatas paripurna saja belum masuk ke tahap pembahasan. Wakil Ketua DPD PAN Kabupaten Meranti itu meminta agar anggota dewan lebih banyak berada di Meranti, bukan malah sibuk studi banding keluar daerah yang hasilnya tidak jelas.

Padahal sambungnya banyak aspirasi masyarakat yang musti dituntaskan bersama, apalagi saat ini masyarakat sedang menjerit seperti tingginya tarif pemasangan meteran listrik, maupun persoalan pembangunan lainnya.
Ia mengemukakan, sebenarnya agenda berkunjung ke pemerintah pusat tersebut bisa dilakukan secara bertahap bukan setiap minggu ke Jakarta atau keluar Daerah. Padahal hingga saat ini hasil yang mereka dapat dari kunjungan tersebut belum jelas arahnya untuk pembangunan daerah ini. Anggaran yang telah digunakan mencapai Rp10 miliar tidak sebanding dengan hasil kerja dewan sejauh ini.

Terkait Tugas
Salah satu anggota dewan yang dihubungi, Fauzi Yusa menyebutkan kepada Haluan Riau bahwa kegiatan studi banding atau konsultasi yang mereka lakukan juga berkaitan dengan tugas mereka sebagai wakil rakyat. Di antaranya adalah melakukan konsultasi dalam pembahasan ranperda.
“Kunjungan keluar daerah itu bukan main-main, tapi melaksanakan tugas. Termasuk di antaranya melakukan konsultasi ke berbagai departemen dalam pembahasan sejumlah ranperda,” ujar Fauzi dari Fraksi Partai Golkar itu singkat.(hk/afa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s