ANSAR: Pemuda harus jadi pelopor

BINTAN (BP) – Bupati Bintan Ansar Ahmad menginginkan para pemuda yang ada saat ini, menjadi pelopor, bukan pengekor. Hal ini disampaikannya saat peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-82 di Comunity Center Gunung Kijang, Kamis (28/10).

”Pemuda sebagai insan pelopor yang memiliki idialisme masih tinggi perlu terus belajar memperkuat kemampuan ilmu pengetahuannya. Membangkitkan sifat semangat responsif, inovatif, agar bisa memberikan arti dan makna di tengah-tengah masrayakat,” kata Ansar.

Menurut Ansar, warna pemuda saat ini menentukan warna bangsa dan daerah ini kedepan. Oleh karena itu pemuda harus menyadari, bahwa peluang-peluang kedepan adalah milik mereka. Jadi sejak saat ini harus mempersiapakan diri.

”Instrumen yang ada hendaknya dimanfaatkan sebagai labor untuk melatih mereka menjadi pemimpin di masa depan. Kita ingin lahir pemuda-pemuda pelopor, bukan malah menjadi pengekor,” ujar Ansar.

Oleh karena itu, terang Ansar, setiap momen penting yang ada di negeri ini adalah milik meraka. Jadi manfaatkanlah peluang itu dengan baik dan benar. Sebab mereka sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan bangsa ini.

Masih kata Ansar, hal ini juga yang diinginkan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga RI, Andi A Mallarangeng. Dalam pidatonya yang ia sampaikan, peringatan HSP ke-82 ini hendaknya menjadi medium untuk menggelorakan semangat pemuda dalam menginspirasi guna menggerakkan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Sebab dengan berbekal semangat juang serta idealisme yang tinggi, para pemuda Indonesia telah membuat catatan sejarah gemilang. Sejak zaman pergerakan kemerdekaan hingga saat ini peran pemuda untuk memajukan negara ini sangat dirasakan.

Atas dasar itu, harus diakui bahwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 merupakan peristiwa terpenting dan bermakna krusial. Karena pada saat itu, para pemuda berhasil menyatukan visi dan cita-cita persatuan Indonesia melalui tiga butir sumpah.

”Ikrarnya, satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa yakni Indonesia,” kata Ansar menyampaikan pidato Menegpora. (mat)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s