DPR akan Panggil Gubernur Sumbar

JAKARTA–MICOM: Komisi II DPR berencana memanggil Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno terkait kepergiannya ke Jerman di tengah bencana yang menimpa daerahnya.

“Komisi II akan mengusulkan memanggil yang bersangkutan, yaitu Gubernur Sumatra Barat dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi,” kata anggota Komisi II DPR Budiman Sudjatmiko seusai acara diskusi bertema Politisasi Bencana di Jakarta, Jumat (5/11).

Budiman mengatakan, terjadi dua perbedaan antara Gubernur Sumbar dan Mendagri mengenai masalah surat ijzn yang diberikan pusat untuk melakukan studi banding ke Jerman. Menurut Gamawan, katanya, surat ijin tersebut tidak pernah diberikan oleh pusat, sedangkan menurut Irwan, dia telah menerima surat izin tersebut. “DPR perlu menggunakan kewenangannya, karena tidak mungkin pengakuan keduanya benar,” paparnya.

Jika ternyata dinyatakan bersalah, katanya, maka hal tersebut dapat menjadi pukulan yang keras terhadap penyalahan etika. Menurut Budiman, hal tersebut juga jangan dijadikan alasan untuk mengecam Gubernur Sumbar karena fenomena tersebut tidak hanya dilakukan olehnya tapi juga oleh sejumlah pejabat.

Irwan sendiri mempersingkat kunjungannya di Munchen, Jerman menjadi dua hari dan dua malam, setelah menyampaikan paparannya mengenai peluang investasi di Sumatra Barat dalam acara Indonesian Bussiness Day di Munchen, Jumat pagi waktu setempat.

“Saya besok jam dua siang kembali ke Jakarta dengan mengunakan penerbangan Emirates  via Dubai dan dari Jakarta saya akan langsung ke Padang. Paling tidak Sabtu malam saya sudah bisa  kembali bekerja, ” ujar Irwan. (Ant/OL-04)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s