BPK Sepakati Tata Cara Penyerahan LHP

Anggota IV BPK RI, Ali Masykur Musa melakukan penandatangan Kesepakatan Bersama mengenai tata cara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK dengan para Ketua DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan di Gedung DPRD Kota Palembang. Kegiatan yang merupakan penyempurnaan dari kesepakatan bersama yang telah ditandatangani pada tahun 2006 ini dihadiri juga oleh Inspektur Utama BPK, Nizam Burhanuddin, Kepala BPK Perwakilan Sumatera Selatan, Tangga M. Purba, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin serta Bupati/Walikota dan unsur Muspida Sumatera Selatan.

Hasil Pemeriksaan yang diserahkan kepada DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota adalah LHP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, LHP atas Laporan Keuangan BUMD, LHP kinerja, LHP Dengan Tujuan Tertentu. Selanjutnya, disepakati juga diserahkannya LHP Ikhtisar hasil Pemeriksaan semester, hasil pemantauan tindak lanjut atas rekomendasi LHP BPK, hasil pemantauan atas penyelesaian ganti kerugian Negara/daerah, serta hasil evaluasi atas LHP Akuntan Publik besera LHP Akuntan Publik.

Pada kesempatan ini, Anggota IV BPK menegaskan bahwa kesepakatan ini akan lebih memudahkan Anggota DPRD dalam melaksanakan 3 fungsi yang dimilikinya. “yaitu fungsi pengawasan, fungsi anggaran dan fungsi legislasi”, tambah Anggota IV dalam sambutannya.
Selain mengenai tata cara penyerahan LHP, disepakati juga mengenai pertemuan konsultasi. DPRD dalam menindaklanjuti LHP BPK dapat melakukan pertemuan konsultasi dengan meminta penjelasan kepada BPK Perwakilan Sumatera Selatan serta dapat juga menyampaikan masukan dan permintaan pemeriksaan lanjutan.
BPK mengharapkan agar Pimpinan dan Anggota DPRD dapat memanfaatkan serta menggunakan secara bijak informasi dalam LHP BPK yang telah diserahkan. BPK juga akan terus mendorong pemerintah daerah di wilayah Sumatera Selatan untuk memperbaiki kualitas pengelolaan dan penyusunan laporan keuangannya, sehingga tercipta transparansi dan akuntabilitas keuangan daerah, khususnya daerah Sumatera Selatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s