Rakyat Kehabisan Kata-Kata Tanggapi Kelakuan DPR

TEMPO InteraktifJakarta –  Koordinator Forum Masyarakat Pemantau Parlemen (Formappi) Sabastian Salang mengaku sudah kehabisan kata-kata menanggapi kunjungan kerja DPR. “Saya kesulitan mau jelasin apalagi, karena tidak ada lagi sikap DPR yang peduli dengan kecaman yang bertubi-tubi,” kata Salang salam diskusi berjudul ‘Studi Banding: Prosedur atau Kebutuhan Jalan-Jalan’ pada Jumat (5/11), di ruang pers DPR, Jakarta.

Kunjungan kerja yang dilakukan DPR, termasuk ke Arab dalam pengawasan haji, dinilai Salang sangat menyedihkan. Sebab hal itu dilakukan anggota Dewan di tengah bencana yang terjadi di Wasior, Mentawai, dan Gunung Merapi. “Jalan-jalan keluar negeri tidak ada korelasi dengan nasib orang yang kini mengalami bencana,” kata dia.

Celakanya, lanjut Salang, masyarakat tidak memperoleh komitmen dari DPR untuk memperbaiki kebiasaan kunjungan kerja ini. “Kalau ditanya manfaatnya? Sampai sekarang belum ada penjelasan bahwa kunjungan kerja itu bermanfaat,” kata dia.

Di sisi lain, DPR dinilai tidak melakukan pembenahan pada apa yang menjadi substansi tugasnya. Salang menyebut soal lemahnya fungsi legislasi yang dilakukan Dewan. Hal ini diperburuk lagi dengan anggota Dewan yang gemar membolos dalam rapat-rapat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s