BPK Siap Audit Proses IPO Krakatau Steel

JAKARTA–MICOM: Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI) menyatakan masih menunggu permintaan dari DPR-RI untuk mengaudit proses pelepasan saham perdana atau IPO PT Krakatau Steel (persero).

Saat ini, BPK telah menelusuri proses awal dan siap melanjutkannya menjadi audit saat saham KS resmi dicatatkan di bursa.

Anggota IV BPK RI, Ali Masykur Musa, di Jakarta, Jumat (5/11), menjelaskan, pada 2 November 2010, BPK telah berinisiatif meminta data-data awal dalam proses IPO. Saat itu, tiga entitas terkait, penjamin emisi, Kementerian BUMN, dan calon emiten, dipanggil dan dimintakan seluruh data terkait.

“Ini penting sebagai wujud BPK yang punya kewenangan memeriksa. Dari awal kita sudah concern atas proses ini, lebih-lebih kasus ini terus mendapatkan sorotan luas dari masyarakat,” ujar Ali.

Menurut Ali, proses penelusuran awal ini bukan berupa pendampingan, namun BPK bekerja sebagai entitas tersendiri di luar pihak-pihak yang terlibat.

Selama proses awal, BPK telah memperoleh seluruh data terkait selama proses prapenawaran, bookbulidingdan perolehan selama pelaksanaan penawaran umum saham (2-4 November).

“BPK akan terus memantau hingga saham KS dicatatkan secara resmi, sampai alokasinya,” ujar Ali.

Ketika ditanyakan temuan selama penelusuran awal, Ali enggan membeberkan. Menurutnya, BPK masih menunggu proses berikutnya.

Menurut Ali, setelah mendapat sorotan luas dari masyarakat, dia menjanjikan adanya transparansi dan akuntablilitas dalam proses IPO. Tak hanya pada KS, namun juga semua BUMN yang memasuki jadwal IPO atau rights issue (pelepasan saham baru) selanjutnya.

“Tiap tahun kita lakukan audit di BUMN, karena ini masalah uang negara. Untuk IPO KS, meski belum berupa audit, kita sudah tracking sejak awal. Sampai hari ini pun kita terus kumpulkan data,” ujar Ali.

Sementara itu, Menteri BUMN Mustafa Abubakar menyambut positif langkah BPK dalam mengawal pelaksanaan IPO KS. “Saya berterima kasih pejabat BPK telah perhatian sejak awal, langsung proaktif. Diharapkan pendampingan ini juga untuk langkah preventif sebelum terlanjur salah,” ujar Mustafa. (OL-9)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s