Ahli Bandingkan Realisasi dengan Kontrak Proyek Pabaeng Baeng

TEMPO InteraktifMakassar – Kejaksaan Negeri Makassar menurunkan ahli dari Universitas Hasanuddin untuk meneliti konstruksi bangunan Pasar Pabaeng Baeng, Kamis (4/11) siang ini. Ahli yang diketuai Andi Maal Latif dan Efraim Bara diminta menghitung volume pembangunan yang diduga dananya digelembungkan.

Satu persatu kios yang dibangun Dinas Perindustrian dan Perdagangan Makassar itu dipertanyakan kepada Daddy Hermadi, pejabat pembuat komitmen proyek yang mendampingi ahli. Daddy yang menjabat Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian memberi penjelasan panjang lebar tentang pembangunan pasar.

Ahli ini diturunkan sebagai bagian dari upaya kejaksaan menelisik dugaan penggelembungan dana pembangunan kios pasar tradisional ini pada tahun lalu. Proyek yang dibangun Dinas Perindustrian dan Perdagangan Makassar itu menelan anggaran stimulus dari Departemen Rp 12,5 miliar.

Kejaksaan menduga pembangunan proyek melanggar aturan pengadaan barang dan jasa pemerintah. Kejaksaan merujuk pada perubahan kontrak yang diduga berimbas pada hilangnya sejumlah item proyek. Sehingga lembaga hukum ini menduga sebagian dananya digunakan tak sesuai peruntukannya.

Ahli Andi Maal Latif mengaku akan meneliti lebih jauh volume pembangunan proyek dengan membandingkan realisasi proyek dengan rencana anggaran. “Kalau ada perubahan berarti ada ketidaksesuaian,” katanya. “Sejauh ini kami belum bisa mengambil kesimpulan.”

Ia berjanji akan kembali meninjau pasar dalam waktu dekat. “Kami akan melakukan pengecekan rutin,” katanya.

Rencananya ahli juga akan meneliti rumah jabatan Wakil Wali Kota Makassar, siang ini. Mereka diminta menghitung volume pembangunan dalam kasus dugaan korupsi pemeliharaan dan rehabilitasi gedung Dinas Pekerjaan Umum Makassar. Anggaran proyek yang dikerjakan tahun lalu itu senilai Rp 13 miliar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s