Wakil Presiden Optimistis Instansi Pemerintah Bisa Segera WTP

TEMPO InteraktifJakarta – Wakil Presiden Boediono menyakini seluruh kementerian dan lembaga bisa mencapai laporan keuangannya mencapai wajar tanpa pengecualian. Saat ini, ada 45 Kementerian dan Lembaga dan 13 pemerintah daerah yang sudah wajar tanpa pengecualian. “Pemerintah punya tekad dalam waktu yang tidak lama WTP akan diraih semua instansi,” kata Boediono dalam sambutan Rapat Kerja Nasional Akutansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2010 di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (27/7).

Hadir dalam acara ini, Menteri Keuangan Agus Martowardojo, Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faisal.
Boediono berharap pemerintah daerah pun juga bisa mengikuti pelaporan wajar tanpa pengecualian. “Saya optimis dan yakin 100 persen bahwa kinerja laporan keuangan di instansi pusat dan daerah bisa mencapai WTP asalkan semua pihak termasuk piminan instansi bertekad untuk mencapai kemajuan,” katanya. Dia berharap adanya komitmen dari para pemimpin dalam mencapai sasaran itu.
Selain itu, kata Boediono, perlu adanya peran Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan dan Badan Pemeriksa Keuangan dalam ikut membimbing dalam pelaporan keuangan. “Daerah juga harus maju, BPK dan BPKP juga memberikan dukungan siap membantu daerah,” ujarnya.
Laporan keuangan pemerintah, lanjut Boediono, merupakan landasan dari kinerja birokrasi pemerintahan. Dia memastikan dalam mendukung hal itu akan ada standar minimal bagi setiap administrasi pemerintahan. “Itu minimal, karena kualitas laporan keuangan itu adanya birokrasi yang baik, handal dan efektif,” ujarnya.
Wakil Presiden juga meminta adanya perubahan sikap yang mendasar dari para birokrat. Hal itu dengan memfokuskan pada pelayanan publik, memilah kepentingan publik dan privat.
EKO ARI WIBOWO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s