Ribuan Kilometer Jalan Trans-Kalimantan belum Terbangun

BANJARMASIN–MICOM: Ribuan kilometer Jalan Trans-Kalimantan yang menghubungkan perbatasan Malaysia dengan empat provinsi di Pulau Kalimantan belum terbangun.

Sedikitnya diperlukan dana Rp21,5 triliun untuk membangun tiga poros Trans-Kalimantan sepanjang kurang lebih 6.025 kilometer.

Demikian dikemukakan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan dan Jembatan Wilayah VII Kalimantan Subagyo, Selasa (2/11). Ia mengatakan itu seusai menghadiri penandatanganan kontrak pembangunan dua paket jalan poros selatan di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) yang dananya berasal dari pinjaman Australia di Banjarmasin.

“Masih ada ribuan kilometer Jalan Trans-Kalimantan belum terbangun dan beberapa daerah belum tersambung,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, pemerintah belum menargetkan kapan penyelesaian pembangunan tiga poros ruas Jalan Trans-Kalimantan tersebut. Pemerintah baru memrioritaskan percepatan pembangunan poros selatan sepanjang 3.560 kilometer yang menghubungkan Aruk, Kalimantan Barat (Kalbar), yang berbatasan dengan Malaysia melalui Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalsel hingga ujung Serudong, Kalimantan Timur (Kaltim).

Ia mengakui, keterbatasan dana pemerintah membuat program pembangunan Jalan Trans-Kalimantan yang menjadi prioritas pemerintah pusat ini terkendala. Untuk pembangunan poros selatan diperkirakan akan menelan dana Rp4 triliun.

Sejauh ini, program pembangunan Trans-Kalimantan yang sudah berjalan sejak 2007 itu baru menuntaskan sekitar 80%, namun ratusan kilometer di antaranya rusak dan belum terselesaikan. Bahkan, ruas jalan yang menghubungkan Kalbar dan Kalteng belum tersambung. (OL-01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s