Pemerintah Diminta Tunda Jual Saham Krakatau Steel

JAKARTA–MICOM:Wakil Bendahara Umum DPP Partai Golkar yang juga Anggota Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo, menyatakan, pihaknya mendesak Pemerintah menunda penjualan saham Krakatau Steel, terkait dugaan adanya potensi kerugian negara.  “Terus terang saja, IPO Krakatau Steel (KS) sangat menggelisahkan kami di Dewan. Harga per saham yang ditetapkan selama roadshowhanya Rp850 per lembar,” ungkapnya di Jakarta, Selasa (2/11).

Padahal, menurutnya, harga saham sejumlah emiten di BEI yang kinerjanya tidak seprospektif KS, tetap disergap investor dengan harga sahamnya lebih tinggi dari patokan harga IPO KS.

“Logikanya, harga IPO per saham KS bisa di atas Rp1.000. Kami semua tidak buta atau bodoh. Hampir setiap hari rakyat membaca di media tentang arus masuk dana asing (capital inflow) ke pasar uang dalam negeri dalam jumlah besar,” katanya.

Menurut Bambang, investor asing siap membeli saham perusahaan terkemuka di Indonesia, termasuk BUMN strategis sekaliber KS. “Jadi harga saham KS itu tidak wajar,” tegas Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI ini.

Bambang mengungkapkan, pihaknya baik di Komisi III maupun Banggar DPR RI banyak menerima data protes masyarakat soal ini.

“Kami di Komisi III DPR RI sedang dalam tahap mengevaluasi data yang telah semakin banyak terkumpul. Banyak data sudah kami terima, tetapi kami harus pertajam akurasinya,” ujarnya.

Untuk sementara, menurutnya, ada dua pihak yang diduga siap mengambil untung dari IPO KS.

“Pertama, adalah pihak yang akan menggoreng saham KS dan yang kedua adalah pihak yang akan melepas ribuan slot saham di pasar sekunder begitu harga KS didongkrak oleh si penggoreng. Siapa mereka? Itulah yang sedang kami telusuri,” tandas Bambang Soesatyo yang mengaku berbicara sebagai Anggota Komisi III DPR RI. (Ant/OL-3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s