Korupsi Dana Desa, Lima Kades Dicopot

BREBES–MICOM: Sedikitnya lima Kepala Desa (kades) di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah diturunkan sementara dari jabatannya. Pencopotan tersebut terkait dugaan tindak pidana korupsi pada Alokasi Dana Desa (ADD).

Kelima kades tersebut di antaranya, Kades Tegalgalagah Kecamatan Bulakamba, Kades Ciampel Kecamatan Kersana, Kades Pejagan dan Kades Luwunggede Kecamatan Tanjung serta Kades Kaliwlingi Kecamatan Brebes.

Demikian dikemukakan Asisten I Setda Pemkab Brebes, Supriyono, Selasa (2/11). “Kelima kades itu diturunkan sementara dari jabatannya, lantaran sedang menjalani proses hukum akibat melakukan tindakan korupsi ADD,” ujar Supriyono.

Diantara kelima kades yang sudah divonis oleh Pengadilan Negeri (PN) Brebes adalah Kades Tegalgalagah dan Pejagan. Kedua kades itu telah divonis satu tahun penjara karena telah terbukti melakukan tindak pidana korupsi. Sedangkan Kades Ciampel, Luwunggede dan Kaliwlingi masih dalam persidangan. Dalam waktu dekat ini, ketiga kades tersebut akan divonis.

Menurut Supriyono, terkait dengan inventaris kendaraan motor milik kelima kades tersebut, Pemkab Brebes akan mengambil langkah persuasif yakni menarik kendaran motor yang telah digunakan mereka. “Namun demikian, jika langkah tersebut belum bisa ditempuh, maka petugas Satpol PP yang akan menarikya,”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s