Jadi Terdakwa Korupsi, 4 Anggota Dewan Cirebon Diberhentikan Sementara

TEMPO InteraktifCirebon – Karena menjadi terdakwa dalam kasus korupsi dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 4,9 miliar, 4 anggota DPRD Kota Cirebon diberhentikan sementara. Mereka tak bisa lagi menikmati berbagai fasilitas yang diterima selama ini.

“Kami sudah menerima surat pemberhentian sementara 4 anggota DPRD Kota Cirebon,” kata Ketua DPRD Nasrudin Azis Rabu (3/11). Mereka yang diberhentikan sementara sebagai anggota DPRD Kota Cirebon yaitu Ade Anwar Sham yang menjabat sebagai wakil ketua DPRD Kota, Ahmad Djunaedi, Citono dan Agung Cipto.

Dijelaskan Azis, surat tersebut dikeluarkan dan ditandatangani Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan pada 31 Agustus lalu. “Tapi kami baru menerima pada 28 Oktober lalu dan sudah kami sampaikan langsung kepada yang bersangkutan,” kata Azis. Pemberhentian sementara tersebut berlaku sejak tanggal surat ditetapkan.

Karena diberhentikan sementara, sejumlah hak yang biasanya diterima 4 anggota dewan tersebut kini tidak bisa dinikmati lagi. Seperti tunjangan kesehatan serta tunjangan jabatan. “Tapi gaji pokok tetap bisa mereka terima,” katanya.

Namun sekalipun diberhentikan sementara, keempat anggota dewan tersebut tidak akan diganti melalui pergantian antar waktu (PAW). “Sambil menunggu inkracht atau putusan tetap dari pengadilan, mereka tidak akan di PAW,” katanya.

Sedangkan status Ade Anwar Sham yang menjabat sebagai wakil ketua DPRD menurut Azis tergantung dari partainya. “Partainya yang harus mengambil keputusan apakah akan menunjuk penggantinya sebagai wakil ketua,” katanya. Karena kalau tidak diganti, partainya yang justru akan rugi.

Sementara itu, Ade Anwar Sham, saat dikonfirmasi melalui telepon selularnya menjelaskan jika ia sudah menerima surat tersebut. “Tapi saya merasa dizalimi. Padahal saya sudah dizalimi, kenapa dizalimi lagi,” katanya. Padahal menurut Ade hingga kini belum ada putusan pengadilan yang tetap dari pengadilan atas statusnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s