DPRD Lingga kebut ranperda

LINGGA (BP) – DPRD Lingga menggodok tiga rancangan peraturan daerah (ranperda) yang harus siap jelang akhir tahun 2010. Tiga ranperda yang dikebut pembahasannya yakni ranperda revisi Struktur Organisasi dan Tatakerja (SOT), ranperda pajak daerah dan ranperda badan usaha milik daerah (BUMD). Ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRD Lingga Agus Norman mengatakan, tiga ranperda tersebut diselesaikan jelang akhir tahun dengan pertimbangan anggaran. Pasalnya, jika ada revisi SOT yang mengakibatkan perubahan jumlah satuan perangkat kerja daerah (SKPD), juga berdampak pada ketersediaan anggaran.

”Kalau cepat disahkan, anggarannya bisa masuk dalam APBD Lingga 2011. Tapi kalau lambat, terpaksa dimasukkan dalam APBD 2012. Kalau ada penambahan SKPD, tentunya menyulitkan mencari kantor dan biaya operasional jika tak dialokasikan anggaran,” tutur Agus, kemarin.

Politisi Golkar ini menyebutkan, pajak daerah juga perlu digesa karena selama ini penarikan pajak di Lingga masih mengacu pada perda kabupaten induk, Kepri yang berganti namanya jadi Bintan. Sementara perda BUMD perlu untuk mengubah status perusahaan daerah (Perusda), seperti PDAM Lingga yang dahulunya bernama PDAM Tirta Dharma.

”Tak mungkin selamanya mengacu pada perda kabupaten induk. Kita harus siapkan perda yang sesuai dengan kondisi daerah,” ujarnya.

Dari tiga ranperda ini, tiga unsur pimpinan DPRD Lingga memimpin masing-masing satu ranperda. Pihaknya juga sudah menyiapkan nama-nama yan masuk jadi anggota pembahas ranperda ini. ”Nama-namanya sudah ada dan sudah saya usulkan. Tinggal diperdakan,” ujarnya.

Ditambahkan, DPRD Lingga dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) 2011 merencanakan membentuk 21 ranperda, termasuk ranperda rencana tata ruang wilayah (RTRW) dan rumah sakit umum daerah (RSUD).

Ketua Komisi I DPRD Lingga, Rudi Purwonugroho mengaku sudah berkomunikasi dengan Agus Norman dan diminta masuk untuk menggodok ranperda SOT. “Nanti juga dibentuk panitia khusus (pansus). Kalau pembahasan cepat, jelang akhir tahun bisa selesai,” kata Rudi, kemarin. (dea)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s