Disdikpora Lingga Optimis Kelulusan UN Tercapai

Sejumlah kepala sekolah di Lingga optimis target kelulusan ujian nasional (UN) sebesar 75 persen yang ditetapkan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Lingga untuk tahun 2011 mendatang bisa tercapai. Masing-masing sekolah berupaya agar target tersebut bisa terpenuhi.

Kepala SMA 2 Singkep Hazirun mengatakan, seluruh kepala sekolah SMA sederajat maupun SMP sederajat sudah mengetahui target tersebut. Kepala sekolah telah dikumpulkan dalam membahas persiapan UN.

”Itu target bersama. Kita siap mendukung agar target bisa tercapai. Kepala sekolah tanggungjawab di sekolah masing-masing,” kata Hazirun, kemarin.

Pihaknya menilai kenaikan target kelulusan dari 60 persen tahun 2010 menjadi 75 persen tahun 2011 sudah melalui kajian yang matang dan sudah mempertimbangkan hasil UN tahun 2010.

”Namanya target patut di atas hasil UN 2010. Meski ada target, tapi jangan anggap jadi beban,” imbuhnya.

Selain Hazirun, Kepsek SMA I Singkep, Hendy juga mendukung target kelulusan dinaikkan. ”Kita dukung keputusan kepala dinas yang menaikkan target kelulusan. Kita harap bisa tercapai,” kata Hendy.

Sementara Wakepsek Kesiswaan SMK Swasta Singkep, Ruslan Herawady juga optimis target tersebut bisa dicapai. SMK Swasta Singkep, katanya sudah mulai menyiapkan siswanya menghadapi UN.

”Kalau dispora targetnya 75 persen, kami malah targetnya minimal 80 persen. Tahun 2010 saja kelulusan 83 persen,” kata Ruslan.

Dalam menghadapi UN, pihaknya membentuk tim teaching dalam mengembleng siswa. Selain itu, para siswa juga dilatih membedah soal-soal tahun-tahun sebelumnya.

”Cara ini yang kita lakukan setiap tahun dan hasilnya lumayan sukses. Kelulusan kami tak pernah dibawah 80 persen,” ujarnya.

Dukungan target kelulusan juga dilontarkan Kepala SMP I Singkep, Sukirno. Menurut dia, idealnya target kelulusan bisa terus ditingkatkan, tapi harus mempertimbangkan kelulusan tahun sebelumnya. “Semua kepala sekolah sudah sepakat dengan target kelulusan itu,” ujarnya.

Sebelumnya, Kadispora Lingga, Junaidi mengatakan, pihaknya telah memanggil seluruh kepala sekolah SMP, MTs, SMA, SMK dan MA baik negeri maupun swasta untuk membahas persiapan UN tahun ajaran 2010/2011, Jumat (22/10) di gedung pertemuan Lela Sangguna, Daik Lingga.

Selain kepala sekolah, juga dihadiri seluruh kepala bidang dan kepala seksi di bawah jajaran Dispora Lingga.”Dari pertemuan, kita targetkan kelulusan UN 75 persen. Prediksi kelulusan bisa di atas target,” kata Junaidi.

Kata Junaidi, pihaknya bersama kepala sekolah berani menargetkan kelulusan 75 persen bukannya tanpa alasan. Sebagian besar guru-guru yang memegang mata pelajaran yang diujikan dalam UN SMP dan SMA sederajat sudah sering membedah standar kompetensi kelulusan (SKL) dan tak diragukan lagi kompotensi pedagogi mereka secara akademik.

”Kepala sekolah juga punya kmitmen yang sama siap mensukseskan UN 2010/2011 baik pelaksanaan maupun hasil. Untuk SMP ada 32 sekolah penyelenggara dan SMA ada 12 sekolah,” ujarnya.

Ditambahkan, UN SMA, MA dan SMK digelar tanggal 4 sampai 9 April 2010 mendatang. Sementara, UN SMP dan MTs digelar tanggal 11 sampai 14 April. Standar kelulusan sebesar 5,50. “Kita harap dengan persiapan yang matang, hasilnya juga lebih bagus,” katanya.

Hasil UN SLTP dan SLTA di Lingga mengalami peningkatan tahun 2010 jika dibandingkan tahun 2009. Tahun 2009 secara keseluruhan untuk SMA persentase UN tahun 2008/2009 hanya 17, 88 persen dan naik menjadi 70,55 persen tahun 2010.

Untuk MA tahun 2009 persentase kelulusannya hanya 5,41 persen dan tahun 2010 menjadi 28,57 persen. Sedanglan SMK tahun 2009 82,14 persen dan tahun 2010 menurun menjadi 71,57 persen.

Sementara kelulusan UN SLTP sebesar 78,48 persen. Dari total siswa SMP dan MTs yang ikut ujian, lulus 78,48 persen. Dalam UN ulangan, persentase kelulusan mencapai 99,29 persen. (dea)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s