Korupsi Akan Terus Diberantas

Berlin – Indonesia kini memasuki gelombang kedua reformasi untuk dasawarsa ke depan dan tahapan kedua rencana pembangunan jangka menengah. Korupsi akan terus diberantas. Hal itu disampaikan Dubes RI untuk Republik Federal Jerman, Eddy Pratomo, dalam Indonesia Update, sebuah forum diskusi KBRI Berlin dengan media Jerman dan Indonesia serta kalangan politik, yang diluncurkan di Adlon Kempinski Hotel, Berlin, Selasa (21/9/2010).

Diharapkan dari Indonesia Update ini dapat dipelajari pandangan berharga dan saran dari para stakeholder dan mitra di Jerman mengenai bagaimana dapat meningkatkan kerjasama.

Hadir dalam forum itu 15 perwakilan media massa Jerman, kalangan politik setempat, dua perwakilan media massa Indonesia yakni Kompas dan detikcom, Konjen RI Frankfurt dan Acting Konjen RI Hamburg.

“Saya yakin media Jerman juga telah mengikuti berita tentang kasus-kasus korupsi di Indonesia. Hal itu merupakan salah satu manifestasi tekad kuat pemerintah untuk memerangi dan melenyapkan praktik-praktik korupsi,” tegas Dubes Eddy Pratomo dalam pidato sambutannya.

Menurut Eddy, upaya serius dan jujur yang telah diterapkan untuk memberantas dan menghilangkan korupsi di segala aspek kehidupan masyarakat, sejauh ini mencapai hasil cukup menggembirakan.

Lanjut Eddy, Indonesia baru saja memperingati hari ulang tahun kemerdekaannya ke-65, 17/8/2010. Selain mendandai gelombang kedua reformasi, juga bertepatan dengan tahapan kedua Rencana Pembangunan Jangka Menengah untuk periode 2010-2014, yang memfokuskan pada 3 prioritas: pembangunan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat, pemerintahan demokrasi seiring dengan kesejahteraan rakyat, dan keadilan.

“Duabelas tahun lalu (1998) kita menyaksikan titik balik dalam sejarah Indonesia. Itu sungguh membawa angin perubahan dalam banyak aspek mendasar rakyat Indonesia,” terang Eddy.

Semangat reformasi telah memantapkan bangsa Indonesia dan selama satu dasawarsa telah terjadi pembaruan semua aspek kehidupan masyarakat di Indonesia.

Dijelaskan, dalam spektrum politik, keuntungan-keuntungan lebih luas juga telah tercipta dalam prosedur berpolitik.

“Dengan aturan hukum sebagai pedoman dasarnya, pemerintahan baik, transparansi dan penegakan hak asasi manusia telah tertancap kuat dalam pondasi sosial di Indonesia,” demikian Eddy.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s