DKI Diminta Serius Garap UMKM

Pemprov DKI Jakarta diminta serius menjalankan ketentuan Peraturan Presiden No 9/2009 tentang Lembaga Pembiayaan, dengan mempermudah akses pembiayaan bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Karena UMKM umumnya belum laik mendapat kredit perbankan, padahal secara operasional mereka layak dan mampu membayar kredit.

Permintaan ini dikemukakan Sekretaris Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) DKI Jakarta, Andhika Anindyaguna, kepada Media Indonesia, Minggu (31/10)

Menurutnya, jika pemerintah serius mendukung UMKM maka pemerintah akan memperbanyak keberadaan lembaga pembiayaan modal ventura. Sistem pembiayaan yang melibatkan perusahaan memiliki saham dengan periode tertentu dinilai lebih tepat bagi usaha mikro dan kecil yang belum laik mendapatkan kredit bank.

“Jadi pemerintah seperti menanamkan modal pada UMKM dan pada periode tertentu modal atau saham tersebut ditarik. Skema ini menguntungkan bagi kedua belah pihak. Usahawan baru akan muncul dan pemerintah juga mendapat pemasukan baru dari pajaknya,” ujar Andhika.

Skema kredit usaha rakyat (KUR), menurutnya, belum maksimal memacu lahirnya wirausaha baru. Sebab umumnyak pelaku usaha pemula belum dapat mengakses KUR dengan alasan belum laik mendapat kredit (bankable).

Perpres No.9/2009, ungkap Andhika, merupakan ‘terjemahan’ dari UU No. 20/2008 tentang UMKM. Dalam UU.20/2008 Pasal 21 disebutkan pemerintah pusat dan daerah harus menyediakan pendanaan. “Kami melihat ketentuan itu sampai kini belum direalisasi, sehingga program untuk memacu kewirausahaan belum optimal,” imbuhnya.

Dia juga menyayangkan sejumlah pemerintah daerah, termasuk Pemprov DKI Jakarta yang belum mempunyai BUMD modal ventura. Hipmi, sambungnya, akan menggandeng perusahaan modal ventura atau mengusulkan DKI membentuk perusahaan modal ventura.

Modal ventura dianggap lebih cocok daripada program KUR karena memberikan pendampingan langsung kepada usaha mikro dan kecil. (OL-3)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s