KPK Serahkan SOP ke DPR

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menyerahkan Standar Operational Procedure (SOP) KPK ke Komisi III DPR. Penyerahan ini dilakukan berdasarkan permintaan Komisi III dalam rapat kedua pihak pada 7 Oktober 2010. “Karena itu permintaan DPR, maka kita akan serahkan,” kata Wakil Ketua KPK Chandra Hamzah saat ditemui di kediamannya, Jakarta, Sabtu (9/10/2010).

Menurut Chandra, ratusan SOP akan diserahkan mancakup SOP yang dipakai sejumlah direktorat yang ada di KPK. “Ada sebagian yang dipaparkan secara detil,” jelasnya.

Sebagaimana diberitakan, rapat Komisi III dan KPK berlangsung alot. Ini disebabkan sejumlah anggota Komisi III mendesak KPK menyerahkan dan menjelaskan SOP yang dipakai KPK dalam penanganan kasus.

Permintaan tersebut telah dilakukan beberapa kali dalam rapat sebelumnya. Namun, hingga rapat terakhir KPK belum menyerahkannya.

Sebelumnya, Chandra berpendapat menyatakan tidak ada hal yang mendesak untuk menyerahkan SOP KPK ke Komisi III. SOP yang dipakai KPK tak melanggar KUHAP.

Dari rapat kedua pihak, diambil kesimpulan bahwa Komisi III mendesak KPK menyerahkan SOP tentang proses penanganan kasus dari mulai aduan sampai pelimpahan berkas ke pengadilan. Setelah itu, DPR akan memberikan masukan jika ada hal-hal yang kurang pas dengan tata cara di KUHAP dan aturan lainnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s