Tambal Subsidi 2011, Pemerintah Boleh Pakai Sisa Anggaran

Pemerintah dimungkinkan menggunakan sisa anggaran lebih (SAL) hingga Rp10 triliun guna menambal beban subsidi 2011 yang berpotensi membengkak akibat pembatalan kenaikan tarif dasar listrik (TDL).

Dalam pengesahan APBN 2011, Badan Anggaran DPR menyetujui penggunaan SAL tersebut dan sebagai komitmen DPR menolak kenaikan TDL. Menteri Keuangan Agus D. W. Martowardojo memastikan akan ada risiko fiskal dari realisasi subsidi listrik 2010 dan 2011 yang kemungkinan melebihi pagu anggarannya.

“Kami diperkenankan menggunakan SAL hingga Rp 10 triliun untuk cadangan. Jadi ini yang kami pakai untuk menjaga terjadinya risiko fiskal akibat subsidi listrik yang melampaui pagu,” kata Agus di Jakarta, Selasa (26/10).

Dengan tidak jadi naiknya TDL, lanjut Agus, perlu tiga langkah utama untuk melakukan efisiensi subsidi listrik. Pertama, mempercepat penyediaan gas sebagai pengganti bahan bakar minyak pada pembangkit listrik.

Kedua, mempercepat penyelesaian proyek 10.000 mw yang menggunakan berbasis pada batu bara sebagai bahan bakar pembangkitnya. Ketiga, PT Perusahaan Listrik Negara harus meningkatkan efisiensi dengan menghindari kebocoran listrik. (OL-5)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s