Kesehatan dan Jalan Sedot Alokasi Dana Infrastruktur Daerah

Pemerintah terus menaikkan alokasi anggaran untuk dana penyesuaian infrastruktur daerah (DPID) dari APBN-P 2010 sebesar Rp5,5 triliun menjadi Rp7,7 triliun pada APBN 2011. Alokasi terbesar dialokasikan untuk infrastruktur Kesehatan dan jalan.

Kasubdit Pengembangan Kapasitas Keuangan Daerah Bappenas Wariki Sutikno mengatakan alokasi terbesar untuk DPID untuk infrastruktur kesehatan sebesar Rp2,006 triliun dan pembangunan jalan Rp2,067 triliun. “Ini diperuntukkan percepatan pembangunan infrastruktur daerah,” ujar Wariki di Jakarta, Rabu (27/10).

Menurut dia, DPID tersebut nantinya digunakan untuk berbagai bidang pembangunan infrastruktur seperti jalan, irigasi, pendidikan, kesehatan, sanitasi, dan air minum. “Tapi alokasi terbesar untuk pembangunan infrastruktur kesehatan dan jalan,” tuturnya.

Menurutnya mekanisme penyaluran dan klasifikasi daerah yang menerima DPID sam dengan kriteria Dana Alokasi Khusus (DAK). Dikatakannya, meskipun mekanismenya sama, namun satuan anggarannya dipisah. Karena untuk DAK, lanjut Wariki, daerah harus menyertakan dana pendampingan.

“Kalau semua alokasi di masukkan dalam DAK, maka beban daerah juga akan besar. Selama ini daerah tergantung terhadap dana transfer daerah, jadi harus dipisah agar daerah tidak terbebani,” ungkap Wariki. (ST/OL-2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s