SBY PERINTAHKAN TANGGAP DARURAT MENTAWAI DAN MERAPI

HANOI, Vietnam: Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan langkah tanggap darurat untuk penanganan dampak letusan gunung Merapi di Yogyakarta dan gempa bumi yang disusul dengan tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumbar. Sudi menyebutkan, pemerintah akan fokus pada penyaluran bantuan seperti makanan dan obat-obatan kepada para korban dan pengungsi di kedua lokasi bencana itu.

Selain itu, presiden juga memerintahkan evakuasi secepatnya kepada penduduk setempat yang berada di daerah bahaya. Setelah tiba di Hanoi, Presiden Yudhoyono menerima laporan dari Wakil Presiden Boediono tentang kondisi setelah letusan gunung Merapi di Yogyakarta dan gempa bumi yang disusul dengan tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumbar.

Untuk itu, Presiden Yudhoyono membatalkan acara jamuan makan malam bersama Presiden Vietnam, Nguyen Minh Triet, yang dijadwalkan pada Rabu (27/10), karena Presiden Yudhoyono akan meluangkan waktu untuk memantau perkembangan penanganan dampak bencana di Yogyakarta dan Mentawai.

“Presiden sudah meminta komunikasi dengan Presiden Vietnam untuk membatalkan acara dinner,” kata Sudi.

Sudi menjelaskan, Presiden Nguyen Minh Triet sepakat dengan hal itu, sehingga rencana jamuan makan malam secara resmi dibatalkan.

Presiden Nguyen Minh Triet juga mengucapkan duka yang mendalam akibat bencana yang terjadi tersebut.

Jumlah korban tewas akibat gempa 7,2 SR diikuti tsunami yang melanda Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumbar hingga malam ini bertambah menjadi 112 orang.

Data jumlah korban itu terungkap dalam rapat koordinasi penanggulangan gempa dan tsunami Mentawai dipimpin Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan dihadiri Bupati Mentawai Edison di Padang, malam ini.

Sedangkan jumlah warga yang dilaporkan hilang mencapai 502 orang, sedangkan yang mengungsi mencapai ribuan orang.

Sementara letusan Gunung Merapi menyebabkan satu orang tewas akibat terkena awan panas. Data di Posko Utama Penanggulangan Bencana Sleman, malam ini mencatat korban tewas atas nama Mugiyo, warga Kinahrejo, Cangkringan. (yus) (ANTARA)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s