Haji Daria Harap Batik Lingga Berkembang

LINGGA – Bupati Lingga H. Daria berharap Batik Lingga bisa berkembang. Sehingga ke depan Batik Lingga jadi andalan daerah dan bisa memberi kesejahteraan pada masyarakat. Hal itu disampaikan Bupati Lingga H. Daria ketika mengunjungi Rumah Kerajinan Batik Lingga, di Daik, Senin (25/10) kemarin. “Sebagai pemerintah, saya bangga dan senang dengan kreatifitas yang telah terbangun. Tapi jangan berpuas diri. Karenanya, mari kembangkan dengan menghadirkan karya-karya terbaik,” katanya kemarin.

Daria datang ke rumah Batik didampingi istrinya Rosmawati dan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, Drs. Ayuzar.

Dikatakan, jika pengraji batik terus berkreatifitas dan memacu diri untuk berinovasi, bukan tidak mungkin Batik Lingga bisa dikenal ke seluruh nusantara.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Lingga, Drs Ayuzar menambahkan, pihaknya siap merealisasikan permintaan Bupati Lingga agar pengrajin batik khas Lingga bisa mengembangkan idiri.

“Tahun depan kita berencana buka show room Rumah Batik Lingga. Saya rasa usulan ini bisa terlaksana tergantug persetujuan dari anggota dewan nanti. Namun saya yakin akan disetujui karena ini program yang memang bagus untuk diteruskan,” katanya.

Batik Lingga sudah mulai dikembangkan dari tahun 2008 di Dabo singkep. Saat ini  telah dikelola secara profesional oleh Koperasi Tampok Manggis. Untuk mengembangkan dan mempromosikan Batik Lingga, Disperindak telah mengikuti beberapa kali promosi dan pameran keluar daerah dari tingkat lokal sampai ke luar negeri seperti di Batam, Jakarta, Pekanbaru dan juga ke singapura baru-baru ini.

Dalam kunjungan ke Rumah Batik, Bupati Lingga dan rombongan mendapat penjelasan langsung dari pengelola Koperasi Tampok Manggis, Encik Maryam, bagaimana sistem kerja mereka dalam mengelola dan memeproduksi kain batik khas dari Lingga.
(sm/32)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s