Lingga Targetkan 75 Persen Kelulusan UN

LINGGA – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Lingga menargetkan minimal persen kelulusan dalam Ujian Nasional (UN) di semua tingkatan. Target ini dibuat berdasarkan kemampuan pendidik yang sudah sering membedah Standar Kompetensi Kelulusan (SKL). “Selain target kelulusan, kita juga menargetkan kesuksesan dalam pelaksanaan UN pada 2011 nanti,” kata Kepala Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Junaidi, Jum’at di Daik usai Rapat Persiapan UN 2011 mendatang. Dikatakan, pada UN 2009 lalu, tingkat kelulusan di Lingga untuk SMP/MTs cuma 74,55 persen, sedangkan untuk SMA/MA/SMK 68,88 persen. Maka kesepekatan para guru mata pelajaran, mereka optimis bisa mencapai kelulusan di atas 75 persen di setiap tingkatan sekolah.

“Pada 2010 ini, nilai standar kelulusan bertambah berat yakni 5,50. Tapi kita siap menghadapi itu,” katanya.

Lebih juah disampaikan Junaidi, menyongsong pelaksanaan UN, setiap sekolah juga berkomitmen untuk melakukan pemantapan di sekolah. Agar jeda waktu beberapa bulan ke depan bisa dimanfaatkan oleh siswa untuk mempersiapkan diri mereka.

Dalam kesempatan ini, kita juga mengimbau kepada orang tua murid juga ikut menyukseskan target UN. Kalau semua elemen bisa saling mendukung, bukan mustahil target kelulusan siswa dalam UN di Lingga bisa meraih hasil singnifkan.

“Bukan mustahil, kalayu tingkat kelulusan kita mencapai 90 persen, jika memang semua menyiapkan diri,” katanya.

Ketua Ikatan Pemuda Singkep Batam Oktarobin mendukung target kelulusan yang disampaikan Kadisdik. Menurutnya, tugas dinas pendidikan, guru dan siswa adalah berusaha dengan maksimal. “Soal hasil, soal nantilah,” katanya.

Dia juga mendukung imbauan kadisdik agar semua elemen yang berkaitan langsung dengan proses pencapaian tersebut bisa saling mendukung.

“Tak ada yang tak bisa, kalau semua sudah saling mendukung,” katanya.

Okta pun menilai, dunia pendidikan di Lingga makin hari terus mengalami kemajuan. Semua itu tidak terlepas dari usaha yang sungguh-sungguh dari pemerintah untuk selalu meningkatkan kemampuan pendidikan di semua sekolah. (sm/39) (Sijori Mandiri-Senin, 25 October 2010 12:10)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s