Parpol Diajar Transparan Kelola Keuangan

Kesbang Gelar Sosialisasi Peraturan Bantuan
LINGGA(BP)- Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Firdaus mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan sosialisasi peraturan tentang bantuan keuangan pada partai politik. Besaran bantuan untuk setiap parpol mengacu pada jumlah suara sah yang diperoleh parpol pada pemilu yang lalu. Bantuan untuk masing-masing parpol tidak sama.

Materi sosialisasi, kata Firdaus, antara lain sosialisasi Undang -Undang Nomor 2 tahun 2008 tentang Partai Politik, Peraturan Pemerintah Nomor 5 tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik dan Peratutan Menteri dalam Negeri Nomor 24 tahun 2009 tentang Pedoman Tata Cara Perhitungan, Penganggaran dalam APBD, Pengajuan, Penyaluran, dan Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Bantuan Keuangan kepada Partai Politik. ”Kita melakukan sosialisasi agar nantinya ada pemahaman yang tentang bantuan keuangan pada parpol,” kata Firdaus, kemarin.

Menurut Firdaus, maksud sosialisasi tersebut untuk memberikan dan mendapatkan pemahaman pengurus parpol terhadap ketentuan peraturan perundangan bantuan kepada Parpol, dalam rangka transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan Parpol. Sedangkan tujuannya agar terealisasinya bantuan keuangan kepada partai politik dalam rangka penguatan sistem dan kelembagaan parpol di Kabupaten Lingga.

Sosialisasi tersebut diikuti pengurus parpol di Kabupaten Lingga, yaitu ketua, sekretaris, dan bendahara. Jumlah peserta berjumlah 40 orang. “Narasumber sosialisasi nantinya berasal dari Direktorat Jenderal Kesbangpol Departemen Dalam Negeri dan BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau,” ujarnya. Dijelaskan, bantuan keuangan parpol Kabupaten Lingga tahun 2010 tersebut akan disalurkan dalam waktu dekat setelah kelengkapan administrasi permohonan bantuan keuangan partai politik diverifikasi oleh Tim verifikasi Bantuan Keuangan Partai Politik.

Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Lingga sebagai ketua tim tersebut. ”Besaran bantuan untuk setiap parpol mengacu pada jumlah suara sah yang diperoleh parpol pada pemilu yang lalu. Jadi bantuan untuk masing-masing parpol tidak sama,” ujarnya. (dea)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s