AFEI: PENGENTASAN KEMISKINAN MELALUI UMKM

BANDA ACEH: Forum Asosiasi Fakultas Ekonomi (AFEI) mengeluarkan rekomendasi yang meminta pemerintah bisa lebih memfokuskan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) sebagai upaya pengentasan kemiskinan di Indonesia. Koordinator Pertemuan Fakultas Ekonomi se-Indonesia Sulaiman mengatakan rekomendasi itu hasil pertemuan AFEI yang diikuti para dekan dan pembantu dekan serta ketua jurusan ekonomi pada fakultas ekonomi se-Indonesia pada 21-24 Oktober.

Rekomendasi lainnya, menurut dia, yakni menyepakati permasalahan kemiskinan menjadi materi kurikulum di fakultas ekonomi se-Indonesia, sekaligus perguruan tinggi harus mengambil peran penting untuk menjadi jembatan antara pemerintah dan masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan.”Banyak hal yang harus dilakukan perguruan tinggi, di antaranya membentuk pusat UMKM, selain bermanfaat bagi masyarakat juga bagi mahasiswa karena bisa menjadi laboratorium menjadi pebisnis sejati,” kata Sulaiman yang juga dosen Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana menjelaskan Upaya mengentaskan kemiskinan saat ini sudah dilaksana Pemerintah melalui program nasional, yakni melakukan percepatan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan sektor riil.

“Bappenas dalam hal ini pemerintah tentu sudah memiliki strategi nasional sebagai upaya pengentasan kemiskinan, yakni melalui percepatan pertumbuhan ekonomi dan sektor riil,” ujar Armida.

Untuk pertumbuhan ekonomi, Menteri mengatakan tentunya ekonomi yang dimaksud adalah perekonomian yang menciptakan kesempatan kerja dan ekonomi makro.

Selain itu, tambah Armida, percepatan pembangunan sektor riil juga menjadi langkah utama pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan.

“Dalam hal ini kita mulai mengubah paradigma, bahwa UMKM adalah kegiatan yang menjadi penopang pembangunan ekonomi. Oleh karenanya pembinaan sektor hulu UMKM harus ditingkatkan, terutama akses perbankan bagi sektor hulu tersebut,” kata menteri.

Forum pertemuan AFEI se-Indonesia diikuti sebanyak 181 peserta dari 43 fakultas ekonomi berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia. (hwi) (Bisnis.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s