Menkeu Bantah Tidak Prioritaskan Anggaran Kesejahteraan Masyarakat

TEMPO InteraktifJakarta – Menteri Keuangan Agus Martowardojo, membantah tidak memprioritaskan alokasi anggaran untuk kesejahteraan masyarakat, salah satunya anggaran untuk program pengentasan kemiskinan dalam APBN-P 2010. Menurut dia, peningkatan kesejahteraan masyarakat merupakan bagian dari sasaran APBN pada tahun ini.

“Pemerintah mencanangkan akan pro growth, pro joob, pro poor, dan pro environtment. Dalam kita menyusun anggaran, itu betul-betul kita perhatikan,” kata Agus, hari ini.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi menggelar sidang uji materi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2010 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Pemerintah (APBN) Perubahan 2010. Permohonan uji materi tersebut diajukan oleh koalisi yang terdiri dari LSM Fitra, IHCS, ASPPUK, Prakarsa, Perkumpulan Inisiatif, Lakpesdam NU, dan Publish What You Pay.

Menurut koalisi, alokasi dalam APBN-P 2010 tidak sesuai dengan yang diharapkan. Belanja pemerintah pusat dinilai lebih banyak digunakan untuk kepentingan rutin dibandingkan untuk program-program kesejahteraan rakyat.

Berbeda dengan koalisi, Agus justru menilai pemerintah telah mengalokasikan anggaran yang memadai untuk program-program kesejahteraan rakyat. “Jumlahnya baik sekali. Mulai dari bantuan langsung, kan kita lakukan. Juga bantuan dana pendidikan dan kesehatan,” kata Agus. Program PNPM yang saat ini sudah berjalan di tahun ketiga, dinilai Agus sudah mendorong tingkat ekonomi masyarakat.

Selain itu, menurut dia, dengan GDP Indonesia yang terus meningkat menjadi Rp 6.000 triliun dan income perkapita Rp 3.000 triliun, juga telah menunjukkan keberhasilan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s