Produk unggulan UKM setiap daerah belum jelas

JAKARTA: Pemerintah diminta menetapkan produk unggulan usaha kecil menengah (UKM) di setiap daerah agar industri pendukung seperti perbankan bisa optimal membiayai seluruh komoditas yang menjadi prioritas dikembangkan. Ekonom BNI Ryan Kiryanto mengatakan setiap daerah pasti memiliki produk dan komoditas unggulan yang berbeda-beda yang bisa lebih dikembangkan baik dari sisi pembinaannya maupun dukungan penyediaan fasilitas permodalan dari perbankan.

“Kalau pemerintah menetapkan sektor prioritas dan produk unggulan dari UKM di setiap daerah, pengembangannya akan semakin fokus dan perbankan bisa lebih memaksimalkan pembiayaan pada komoditas tersebut,” ujarnya hari ini.

Ryan memaparkan selama ini perbankan melakukan analisis individual terhadap pelaku usaha di daerah untuk bisa membiayainya karena pemerintah tidak menetapkan sektor unggulan apa saja yang menjadi prioritas untuk dikembangkan.

Setiap sektor unggulan itu nantinya memerlukan juga skema pembiayaan yang berbeda terutama di sektor pertanian, perkebunan dan perikanan yang memiliki pola usaha masing-masing.

Perbankan, kata Ryan, juga memiliki kepentingan dalam penyaluran pembiayaan agar tepat sasaran terutama untuk mengurangi potensi kredit bermasalah sehingga diperlukan adanya pendalaman tentang potensi ekonomi UKM.

Untuk itu, pihaknya mulai melakukan pemetaan sektor unggulan di sepuluh wilayah yaitu Medan, Padang, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makasar, Bajarmasin dan Manado yang memiliki potensi ekonomi berbeda-beda. (Bisnis Indonesia).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s