Kabar Ekonomi Hari Ini

JAKARTA: Berikut ini adalah ringkasan berita umum utama di sejumlah surat kabar nasional antara lain pemerintah lebih memprioritaskan investor domestik dalam penjualan 473,89 juta saham green shoe PT Bank Negara Indonesia. Konsekuensinya, pemerintah kehilangan potensi penerimaan sebesar Rp50 miliar. (Bisnis Indonesia)

Sebanyak 141 perusahaan negara yang berada dibawah naungan kementeriaan BUMN mencatat laba bersih Rp 45,3 triliun selama semester I/2010, naik 18,26% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. (Bisnis Indonesia)

Produk domestik bruto (PDB) per kapita Indonesia pada 2030 diprediksi mencapai US$18.000, naik hampir tujuh kali lipat dibanding saat ini sekitar US$2.590. Kekayaan alam dan pasar yang luas akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dua puluh tahun kedepan bakal menjadi enam besar kekuatan ekonomi dunia. (Investor Daily)

Ahmad Michdan, pengacara Abu Bakar Ba’asyir dari Tim Pembela Muslim, membenarkan bahwa Jamaah anshorut Tauhid (JAT) memang ikut membiayai latihan militer di Aceh. Namun, latihan militer itu tak berkaitan dengan aksi terorisme. (Koran Tempo)

DPR akan menagih komitmen pemerintah merealisasikan penyerapan 400.000 tenaga kerja untuk setiap 1% pertumbuhan. Disamping itu, pemerintah harus meningkatkan kualitas pertumbuhan dengan mendorong kinerja ekspor dan menaikkan belanja modal.(Media Indonesia)

Tumpang tindih persoalan yang melatarbelakangi lonjakan harga kebutuhan pokok mengakibatkan masalah kenaikan harga tak bisa diatasi dengan cara “generik”, seperti dengan operasi pasar. Kenaikan harga tiap-tiap komoditas harus diredam secara spesifik. (Kompas)

Gawat. Bersiaplah menyetok lilin karena mati listrik mungkin akan sering terjadi, sebab, stok dan suplai batubara bahan bakar pembangkit listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sedang terganggu dan kian menipis. (Koran Kontan).

Pemerintah menolak usulan opsi moratorium (penghapusan) utang luar negeri. Pemerintah beralasan masih mampu melunasi utang Rp 1.625 triliun atau 26 persen dari produk domestik bruto (PDB). Opsi Moratorium dipilih jika ada bencana besar, seperti tsunami.(Republika)

Kebiasaan buruk yang terus terjadi menjelang hari Lebaran, adalah munculnya praktik percaloan karcis kereta api (KA) baik kelas eksekutif maupun bisnis sehingga sangat merepotkan calon penumpang yang hendak bepergian keluar kota. Walau PT KA sudah menggunakan sistem pemesanan karcis secara online, jaringan “mafia” calo masih terus bergentayangan disemua stasiun di Jakarta, karena memiliki modal kuat.(Koran Neraca)

Pemerintah sebaiknya mengubah paradigma anggaran, yakni menempatkan utang sebagai pelengkap dalam pembiayaan negara. Oleh karena itu, pemerintah seharusnya menghentikan penarikan utang saat anggaran sudah berimbang atau bahkan surplus. (Koran Jakarta)

Lawmakers and the President must hold the national police chief responsible for lying about key evidence indicating graft within the Corruption Eradication Commission (KPK) Experts say. (The Jakarta Post) (tw)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s