Rangkuman Kabar Ekonomi Jawa Tengah dan DIY

SEMARANG (Bisnis.com): Berikut rangkuman berita ekonomi di koran lokal di Jawa Tengan & DIY yang dimuat dalam Selasa 3 Agustus 2010.

APBD: Pemprov Jateng meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memanfaatkan waktu lima bulan ke depan untuk mengoptimalkan anggaran yang sudah dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2010. Selain itu, juga untuk meningkatkan kinerjanya hingga pendapatan yang yang diraih bisa memenuhi pencapaian target sesuai yang diharapkan. (Bisnis Indonesia Sisipan Jateng & DIY)

RASKIN: Karanganyar memajukan pelaksanaan penyaluran beras untuk rakyat miskin (raskin) guna mengantisipasi gejolak kenaikan harga bahan pokok khususnya beras menjelang bulan puasa ini.

Kepala Gudang Bulog Subdivre III-306 Mojolaban, Sugiyanto mengatakan penyaluran raskin di Kabupaten Karanganyar periode ini sebanyak 905,235 ton. (Solopos)

INFLASI: Laju inflasi di Jateng masih sulit dikendalikan hingga mencapai 1,51% pada Juli  2010, bahkan menyentuh tertinggi sejak 2009, sementara di DIY sebesar 1,4% jauh lebih tinggi dari  perkiraan Tim Pengendali Inflasi (TPI) sebelumnya.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Jateng Jam Jam Zamachsyari mengatakan inflasi itu didorong cukup besar dari kenaikan bahan makanan, selain dipicu juga dari lonjakan biaya jasa/perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). (Bisnis Indonesia Sisipan Jateng & DIY)

KERETA API: Pengerjaan double track (rel ganda) jalur kereta api antara Pekalongan hingga Bojonegoro mendesak perlu dipercepat, guna menghindari terjadinya kecelakaan setelah sebelumnya tiga kereta penumpang berturut-turut anjlok pada jalur itu.

Pengamat transportasi Djoko Setijowarno mengungkapkan kejadian anjloknya tiga kereta berturut-turut pada pekan lalu, mengakibatkan kemacetkan jalur utara (pantura) yang berpotensi merugikan penumpang.(Bisnis Indonesia Sisipan Jateng & DIY)

APBD: Pemkot Yogyakarta menyepakati rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD 2010 menjadi peraturan daerah (perda), guna memenuhi dinamika kebutuhan masyarakat.

Selain itu, juga untuk mengoptimalkan pencapaian tujuan dan target kinerja dari setiap alokasi anggaran. Kesepakatan legislatif itu merupakan hasil Rapat paripurna di gedung DPRD Kota Yogyakarta yang berlangsung kemarin.(Harian Jogja)

GANTI RUGI TOL: Sebanyak 98 warga Desa Jatirunggo, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Senin (2/8) mendatangi Komisi Informasi Publik (KPI) Jateng di Jl Tri Lomba Juang, Semarang. Mereka mengadukan uang ganti rugi lahannya yang terkena proyek jalan tol Semarang-Solo raib dari Bank Mandiri. Padahal, dalam buku rekening mereka tercantum jumlah saldonya.(Suara Merdeka)

PILKADA WONOSOBO: Bupati Wonosobo Kholiq Arif hampir dapat dipastikan menang satu putaran dalam Pilkada Wonosobo, kemarin. Ini dibuktikan dengan hasil hitung cepat KPU Wonosobo, semalam hingga pukul 22.00. Calon incumbent yang berpasangan dengan Maya Rosida (pengusaha) ini sementara mengantongi 170.034 suara (51,21%), unggul dibanding empat pasang pesaingnya. (Suara Merdeka)

DEMOKRAT: Menjelang musyawarah daerah (musda) selepas Lebaran, nama Gubernur Bibit Waluyo disebut-sebut dalam bursa ketua DPD Partai Demokrat Jateng. Beredar kabar, ada sejumlah pihak internal partai yang meminang Bibit untuk diusung menjadi ketua DPD menggantikan Sukawi Sutarip.

Sekjen DPD Partai Demokrat Jateng Dani Sriyanto, ketika dikonfirmasi kemarin, mengakui ada informasi-informasi yang menyebutnya seperti itu. Terhadap pencalonan Bibit, Dani memilih tidak berkomentar. (Suara Merdeka)

HUTAN: Gubernur Bibit Waluyo menyatakan akan berkoordinasi dengan Perum Perhutani Unit I Jateng berkaitan dengan permasalahan belum tergantinya lahan hutan 1.022,8 hektare. Lahan itu, tahun 1985-1989 terkena proyek pembangunan Waduk Kedungombo.  Bibit mengatakan dirinya tentu harus mengetahui duduk persoalan lahan pengganti hutan tersebut, sebab peristiwanya sudah lama. Setelah mengetahui duduk masalahnya, lanjut dia, baru nanti akan dipikirkan untuk melakukan langkah apa saja yang ditempuh.(Suara Merdeka)(ln)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s