Kabar Ekonomi Hari ini

MAKASSAR (Bisnis.com): Berikut ini adalah ringkasan berita utama di kawasan timur Indonesia yang dimuat sejumlah surat kabar daerah, a.l. Realisasi APBD tetap lambat:

REALISASI APBD: Realisasi belanja APBD Sulawesi Selatan 2010 hingga akhir kuartal II hanya mencapai Rp763 miliar atau sekitar 31% dari postur anggaran sebesar Rp2,41 triliun. (Bisnis Indonesia Regional Timur)

SARUNDAYANG MENANG: Dua lembaga hitung cepat, Lingkaran Survei Indonesia serta Lembaga Survei Indonesia, memperkirakan pasangan Sinyo Harry Sarundajang (SHS) dan Djauhari Kansil (DK) unggul dalam pilkada gubernur Sulut yang berlangsung kemarin. (Bisnis Indonesia Regional Timur)

INVESTOR HOTEL: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Makassar meminta calon investor maupun pengusaha yang telah lama menggeluti bisnis hotel dan restoran agar memenuhi seluruh persyaratan perizinan. (Bisnis Indonesia Regional Timur)

PEJABAT SULTRA: Pejabat tinggi di Sulawesi Tenggara yang mengeluarkan izin usaha pertambangan (IUP) untuk kegiatan eksplorasi di kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Kabupaten Bombana terancam pidana penjara 10 tahun. (Bisnis Indonesia Regional Timur)

BANK PANIN: Penjualan rumah di arena pameran REI Panin Rumah Idaman 2010 yang tengah berlangsung di Mal Ratu Indah Makassar sejak Sabtu pekan lalu terus meningkat. (Bisnis Indonesia Regional Timur)

EKSPOR SULSEL: Transaksi perdagangan komoditas Sulsel di pasar luar negeri mengalami penurunan signifikan. Penurunan nilai ekspor juga diikuti kelesuan daya beli produk luar negeri yang terlihat dari penurunan nilai impor. (Fajar) (LN)

JAWA TENGAH

SEMARANG (Bisnis.com): Berikut rangkuman berita ekonomi di koran lokal di Jawa Tengan & DIY yang dimuat dalam Rabu 4 Agustus 2010.

TARIF PELABUHAN: Pengusaha ekspedisi di Jateng menyatakan keberatan atas rencana kenaikan tarif jasa kepelabuhanan di Tanjung Emas Semarang yang mencapai 308%, karena berpotensi me ma tikan usaha mereka.

Ketua DPW Gabungan Forwarder dan Ekspedisi Kapal Seluruh Indonesia [Gafeksi] Jateng Soejanto mengatakan saat ini usaha mereka dalam kondisi sulit, akibat berbagai kendala.(Bisnis Indonesia Sisipan Jateng & DIY)

BYPASS TEGAL: Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah Eddy Soetarno memperkirakan jalan bebas hambatan Brebes-Tegal yang dibangun dana Rp190,3 miliar selesai pertengahan 2012.

Menurut Eddy, jalur Tegal-Brebes merupakan satu ruas jalan di jalur pantura Jawa Tengah dengan tingkat kepadatan lalu lintas sangat tinggi karena merupakan perlintas an antara Jawa Tengah dengan Jawa Barat.(Bisnis Indonesia Sisipan Jateng & DIY)

DANA TOL: Bank Indonesia (BI) Semarang memastikan Bank Mandiri telah memproses pembayaran ganti rugi pembebasan lahan tol Semarang-Solo sesuai prosedur, menyusul 98 warga pemilik lahan itu mengadu ke Komisi Informasi Publik (KIP). Penegasan itu disampaikan Pemimpin Kantor Bank Indonesia (KBI) Semarang Ratna E Amiaty yang didasarkan pada pengecekan dan laporan dari pihak Bank Mandiri.(Bisnis Indonesia Sisipan Jateng & DIY)

SEMBIZ: Pemkot Semarang kembali akan menawarkan beberapa proyek beberapa skala kota yang dijamin berorientasi profi t pada Semarang Business Forum (Sembiz) 2010, termasuk revitalisasi kawasan Pasar Johar senilai Rp400 miliar kepada investor.

Kegiatan pesta investasi itu akan digelar pada 4-8 Agustus 2010 di Hotel Grand Candi Semarang dan kini sejumlah proyek tengah diseleksi hingga yang ditawarkan benar memiliki Investment Rate Return (IRR) kompetitif dan masa kembali investasi (payback period) antara tujuh tahun sampai sembilan tahun. (Bisnis Indonesia Sisipan Jateng & DIY)

PREMIUM KERUH: Kasus premium berwarna keruh mulai meluas di wilayah DIY, selain terjadi di Kulonprogo, beberapa tempat di Kota Yogyakarta juga ditemukan hal serupa. Permasalahan mengenai premium yang berwarna kuning itu merebak pekan lalu di Kulonprogo dan menyebabkan penjual bahan bakar minyak (BBM) tersebut mengeluh, sedangkan warga menjadi cemas.(Harian Jogja)

DANA TOL: Raibnya uang ganti rugi tanah 99 (bukan 98) keluarga warga Jatirunggo, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, senilai Rp 13,5 miliar, mengundang banyak tanda tanya. Sebab, patut diduga, perangkat desa dan calo ikut bermain dalam masalah tersebut. Uang tersebut merupakan ganti untuk lahan pengganti hutan yang terkena proyek tol Semarang-Solo.

Mantan Lurah Jatirunggo M Fauzan menyinyalir, persoalan tersebut ada hubungannya dengan tak dijalankannya kesepakatan pengurusan ganti rugi tanah warga. Sebelumnya, pengurusan itu disepakati warga hanya dilakukan panitia desa, terdiri lurah, perangkat desa, dan tokoh-tokoh masyarakat. Namun, dalam perjalanannya ternyata panitia desa bekerja sama dengan broker. ”Itu dulu sempat geger karena kesepakatan tidak dijalankan. Pak Lurah sangat tahu itu.” (Suara Merdeka)

SEPAK BOLA: Kapolda Jawa Tengah Irjen Alex Bambang Riatmodjo meminta maaf kepada masyarakat dan pencinta sepak bola atas penghentian laga final Piala Indonesia antara Arema Indonesia dan Sriwijaya FC di Stadion Manahan Solo, Minggu (1/8) lalu. Dia beralasan, penghentian itu untuk mengantisipasi risiko keamanan saat itu. Pernyataan tersebut ditegaskan Alex dalam konferensi pers di Mapolda Jateng Jl Pahlawan, kemarin.(Suara Merdeka)

REKENING RAIB: Persoalan hilangnya uang di rekening milik 99 warga Desa Jatirunggo, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, mendapat perhatian Gubernur H Bibit Waluyo. Dia langsung membentuk tim untuk mengecek raibnya uang ganti rugi tol senilai Rp 13,5 miliar itu. “Sudah, kami sudah membentuk tim untuk mengecek masalah itu,” ujar bibit seusai acara pelantikan Seno Samodro dan Agus Purmanto sebagai bupati dan wakil bupati Boyolali di ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Boyolali, Selasa (3/8).(Suara Merdeka)

DAYA SAING: Delapan daerah yakni Kabupaten Banyumas, Kabupaten Kudus, Kota Magelang, Kabupaten Purbalingga, Kota Salatiga, Kota Semarang, Kota Surakarta, dan Kabupaten Wonogiri, mendapat penghargaan dari Wagub Rustriningsih karena unggul dibanding daerah lain dalam daya saing daerah. Penghargaan yang diberikan pada wakil kepala daerah di aula lantai 8 kantor Bank Indonesia dalam Sidang Panel dan Pemberian Penghargaan Kabupaten/Kota Survei Daya Saing Daerah Provinsi Jateng, Selasa (3/8) tersebut, merupakan hasil survei Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD), Bank Indonesia, Bappeda, Suara Merdeka, Budi Santoso Foundation (BSF), dan GTZ RED terhadap iklim investasi dan iklim usaha daerah. (Suara Merdeka)

JAWA TIMUR
SURABAYA (Bisnis.com): Berikut adalah berita-berita yang menjadi sorotan di sejumlah media massa yang beredar di Jawa Timur hari ini antara lain mengenai kekhawatiran pengusaha di Pasuruan sehubungan dengan kosongnya kursi Bupati, korupsi Rp3,8 miliar Pemkot dan DPRD Mojokerto yang tak berujung, serta keputusan MK soal hasil pilkada Pemkot Surabaya menjadi penentu walikota.

PASURUAN RESAH: Bupati Pasuruan Dade Angga yang saat ini terbelit masalah korupsi Rp74 miliar tidak akan dicarikan pelaksana tugas sementara, karena dinilai roda pemerintahan kabupaten yang menjadi lokasi ribuan industri tersebut bisa tetap berjalan. (Bisnis Indonesia Jatim & Bali)

MOJOKERTO KORUPSI: Uang negara Rp3,8 miliar pada APBD Pemkot Mojokerto yang terlanjur dibagi-bagikan pada anggota DPRD periode 1999-2004, dan diungkap oleh BPK pada 2005, baru kembali Rp90 juta. Peruntukan uang tersebut antara lain bantuan keuangan untuk pimpinan dan anggota DPR, belanja modal tanah wakil ketua dewan, biaya pengobatan, serta tali asih purna tugas, yang kesemuanya dinilai BPK menyalahi aturan. (Jawa Pos)

ARTERI PORONG: Badan Penanganan Lumpur Sidoarjo (BPLS) menyiapkan dana Rp11 miliar untuk ganti rugi tanah kas desa (TKD), yang menjadi lahan pembangunan jalan arteri pengganti Jln. Raya Porong. Arteri tersebut ditargetkan rampung pada Juli 2011. (Jawa Pos)

MENUNGGU MK: Proses Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota Surabaya belum tentu selesai meski sudah menghabiskan dana Rp51,7 miliar. Bahkan hasil pemungutan suara ulang dan penghitungan suara ulang masih mungkin dibatalkan. Namun demikian, walikota incumbent Bambang DH kemarin mengatakan telah ditemui Arif Afandi, pesaingnya yang juga wakil walikota incumbent, dan menurut dia telah terjadi saling minta maaf. (Kompas Jatim)(ln)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s