Inflasi DKI 1,12% pada Juli

JAKARTA (Bisnis.com): Inflasi DKI Jakarta pada Juli 2010 catat rekor tertinggi sepanjang awal hingga pertengahan tahun ini dibandingkan dengan realisasi pada bulan sebelumnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta mencatat inflasi DKI Jakarta pada bulan lalu mencapai 1,12%.
Pada Januari 2010, laju indeks harga konsumsi DKI Jakarta sebesar 0,72%, Februari 0,14%, Maret 0,07%, April 0,22%, Mei 0,25%, dan Juni 0,73%.

“Tren ini menunjukkan sinyal positif untuk pertumbuhan ekonomi namun tidak demikian untuk kemampuan daya beli masyarakat yang cenderung turun bulan ini dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik DKI Jakarta Agus Suherman, hari ini.

Menurut dia, kenaikan inflasi pada Juli dipengaruhi oleh peningkatan harga kebutuhan bahan pangan pokok ditambah biaya sektor transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan.

Data BPS DKI Jakarta mencatat enam kelompok konsumsi mengalami kenaikan indeks, yaitu bahan komoditas pangan sebesar 4,16%, transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 1,83%, kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,69%, kelompok pendidikan, rekreasi, dan olah raga sebesar 0,55%, kelompok kesehatan 0,25%, dan kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,21%.

Selain kenaikan harga komoditas kebutuhan pokok, kenaikan inflasi bulan ini, menurut Agus, juga dipicu oleh kebijakan kenaikan harga pembuatan STNK dan biaya perpanjangan SIM, serta kenaikan biaya masuk sekolah untuk SMP 0,011%, SMA 0,0115%, dan perguruan tinggi 0,11%.

Namun, secara garis besar, inflasi yang terjadi bulan ini terutama diakibatkan oleh naiknya harga-harga pada kelompok bahan makanan, terutama sub kelompok bumbu-bumbuan.(luz)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s