Jumlah Dana Asing Mencapai Rp 14 Triliun

Kontan, Minggu 1 AGustus 2010-JAKARTA. Membaiknya kondisi ekonomi Asia membuat aliran dana asing terus mengucur deras ke Asia, termasuk Indonesia. Pjs Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan, selama Juli saja, dana asing yang masuk ke Indonesia sekitar Rp 13 triliun – Rp 14 triliun. “Para pemilik dana dan investor melihat Asia jauh lebih menjanjikan,” ujar Darmin usai peluncuran Gerakan Peduli Koin Nasional Sabtu (31/7).

Tapi berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya dimana aliran dana asing ini banyak masuk ke Sertifikat Bank Indonesia (SBI), kali ini dana asing ini lebih banyak masuk ke Surat Utang Negara (SUN) dan pasar saham. “Dulu sebagian besar ke SBI, tapi karena sudah ada aturan minimum holdingh sebulan, maka sebagian besar masuk ke SUN dan saham,” kata Darmin.

Seperti diketahui, BI telah mengatur masa penguncian (lock up) kepemilikan investor di SBI selama minimal satu bulan (28 hari). Selama periode lock up, pemegang SBI tidak bisa mencairkan dananya. Darmin bilang Untuk SBI saat ini jumlahnya tidak berubah dibanding dengan sebulan yang lalu.

Darmin menambahkan, membaiknya kondisi ekonomi di Asia juga berimbas pada penguatan mata uang di Asia termasuk nilai tukar rupiah. “Eksportir banyak yang ngomel karena rupiah menguat, padahal memang secara fundamental negara Asia lebih kuat dibanding negara Eropa,” ujarnya.

Namun Darmin mengakui, nilai rupiah yang terlalu kuat juga tidak terlalu bagus. Untuk itu, “Kami bertekat untuk menjaga (nilai tukar), ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s