Dikerjakan September 2009, Aspal Jalan Berbiaya Rp 4,7 M di Bilah Hilir Labuhanbatu Sudah Rusak

Negeri Lama (SIB) 28-07-2010
Proyek Dinas Bina Marga Pengairan Pertambangan dan Energi Labuhanbatu berasal dari APBD 2009 lalu berupa pengaspalan hotmix di Simpang PT HSJ, Dusun Sei Mambang Hilir Desa Sei Tampang menuju Desa Sidomakmur Kecamatan Panai Hulu, sudah rusak.
Proyek yang menelan anggaran Rp 4.775.000.000, volume proyek 1.200 x 4,5 meter, sumber dana dari otonomi khusus dikerjakan oleh PT. YK dimulai sejak September 2009 lalu.

Hasil pantauan wartawan di lapangan, akhir Maret 2010, pada bagian yang rusak sudah ditandai dengan garis berwarna putih, kemungkinan pertanda akan diperbaiki oleh pihak rekanan.

Namun masa pengerjaan dan perawatan proyek yang bertujuan meningkatkan sarana jalan dan pertanian itu pun telah usai, sehingga meninggalkan berbagai pertanyaan di benak warga.

“Angka proyek fantastis tapi tidak sebanding dengan nilai kerja. wajar dugaan pengaspalan dimaksud tidak memenuhi bestek yang ada,” ujar Sulaeman warga sekitar.

Selain itu, katanya, kepadatan badan jalan dimaksud sudah cukup, sebab jalan itu sudah beberapa kali ditimbun oleh PT HSJ, perusahaan perkebunan raksasa itu dengan batu petrun.

Oleh sebab itu, ungkapnya, wajar saja masyarakat Bilah Hilir dan sekitarnya merasa kecewa kepada rekanan yang melakukan pengerjaan itu sebab dianggap tidak sesuai dengan harapan semua pihak.
Untuk itu, katanya lagi, rekanan yang dianggap ‘nakal’ harus diberikan sanksi black list daftar rekanan oleh Pemkab Labuhanbatu. hal itu diperlukan agar pelaksanaan proyek maksimal sesuai dengan bestek.
“Kalau tidak ada sanksi, rekanan semaunya saja, itu sebabnya mutu proyek di daerah ini jauh dibawah standar,” ungkap Sulaeman tegas. (Fis/i)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s