Penerimaan Puskesmas Masuk Kas Daerah

Batampos, 17 Juli 2010 09:08
DPRD Lingga telah menggodok dan segera mengesahkan dua Perda Kesehatan. Perda yang rencananya disahkan tersebut adalah revisi Perda pelayanan dasar di puskesmas dan revisi Perda tentang pelayanan non Medik.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pelayanan Dasar Puskesmas, Tengku Nazwar mengatakan, dalam menggodok revisi Perda ini, pansus sudah melakukan studi banding dan juga meninjau pelayanan di puskesmas. Selasa (13/7), pansus berkunjung ke Dinas Kesehatan Lingga. “Kita ingin melihat secara langsung pelayanan dasar di puskesmas. Dari lapangan kita ketahui kendala apa yang dihadapi petugas di lapangan ketika melayani masyarakat di puskesmas tersebut,” kata Tengku, kemarin.

Tengku menyebutkan, Pemkab Lingga melalui Dinas Kesehatan Lingga mengusulkan adanya revisi Perda tersebut karena mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 59 Tahun 2007. Diwajibkan penerimaan puskesmas disetorkan ke kas daerah 100 persen. ”Telah sebulan penuh kami godok. Ada sejumlah perubahan. Salah satunya adalah besaran angka retribusi sekarang disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Dahulu kita masih mengadopsi besaran retribusinya dari Perda kabupaten induk Kepri,” ujarnya.

Ketua Pansus Revisi Perda Pelayanan non Medik, Zakaria mengatakan, dalam revisi itu akan mengatur tentang segala perizinan di bidang kesehatan, seperti perizinan dokter praktik, apotek, perizinan restoran dan kedai kopi. Semua ketentuan tersebut tetap harus memenuhi standar kesehatan yang mana akan diatur di dalam Perda itu sendiri.

Anggota pansus DPRD, Khairil Anwar menyebutkan, revisi perda non medik intinya retribusi dari rumah sakit harus disetor penuh dulu ke kas daerah setelah itu baru diajukan rencana kerja dan anggaran. ”Izin-izin apotek, bidang dan lainnya atau diperpanjang harus mengacu ke perda. Juga harus disesuaikan dengan program Jaminan Kesehatan Lingga (JKL),” kata Anwar. ***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s