Daerah Kekurangan Rumah Sakit

Senin 12. of Juli 2010 10:22
Banjarmasin – Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, akan segera membangun rumah sakit daerah karena sampai saat ini tinggal kota tersebut yang belum memiliki rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Diah Ratnani Praswasti di Banjarmasin, Senin, mengatakan, pembangunan rumah sakit di Kota Banjarmasin meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Selain itu supaya masyarakat Kota Banjarmasin lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan karena selama ini hanya mengandalkan rumah sakit Provinsi Kalsel.

Ia mengemukakan, pendirian rumah sakit di Kota Banjarmasin itu mengacu pada kebijakan kesejahteraan rakyat atau rencana strategis Kementrian Kesehatan RI yang mewajibkan setia kabupaten/kota memiliki rumah sakit.

Rencananya Kota Banjarmasin baru bisa memiliki rumah sakit sendiri dua tahun mendatang atau tahun 2012.

“Kita Baru bisa merasakan dan memiliki rumah sakit sendiri diperkirakan pada tahun 2012 dan itu bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Banjarmasin,” katanya.

Pendirian rumah sakit di Kota Banjarmasin itu karena selama ini pihak Pemerintah Kota Banjarmasin kesulitan dalam memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal terhadap masyarakat Kota Banjarmasin.

Hal itu terlihat dari pemberian pelayanan kesehatan rujukan seperti Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang hanya dapat dilayani oeh satu rumah sakit saja.

“Selama ini Pemerintah Kota Banjarmasin baru bisa memberikan pelayanan sampai puskesmas saja. Kalau ada rujukan terkait pelayanan Jamkesmas dan Jamkesda kita harus ke RSUD Ulin milik Provinsi Kalsel,” lanjutnya.

Pemerintah Kota Banjarmasin akan mengusulkan ke pusat agar mendapat dana alokasi khusus (DAK) untuk membangun rumah sakit yang diperkirakan membutuhkan biaya Rp30 sampai Rp40 miliar.

Pemerintah Kota Banjarmasin telah menyediakan lahan seluas lima hektare di kawasan lingkar Basirih, Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin, kata Diah. (ant)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s